BINUS ONLINE LEARNING, Terbesar & Terpercaya

Universitas Bina Nusantara (Binus University) menjadi kampus publik pertama yang mendapatkan kepercayaan dari pemerintah untuk menerapkan metode pendidikan yang disebut dengan ” pendidikan jarak jauh” atau PJJ. Sebelumnya, hanya tiga universitas yang mendapatkan kepercayaan untuk menerapkan metode tersebut. Dua di antaranya adalah Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian di bawah naungan Polri, dan Politeknik Kesehatan di bawah naungan Kementerian Kesehatan. Namun, untuk kampus publik, Binus yang pertama menerapkan metode pendidikan jarak jauh ini.

Binus mempersiapkan segala sistem yang dibutuhkan, hingga Pemerintah pada 10 Juni 2014 mengeluarkan surat keputusan kepada Binus. Surat tersebut berisi penugasan untuk mengembangkan metode pendidikan jarak jauh di kampus tersebut. Metode pendidikan jarak jauh adalah metode yang memperkenankan mahasiswa untuk tidak melakukan pertemuan dengan dosen. Dengan demikian, aktivitas perkuliahan seluruhnya tidak dilakukan di dalam kampus.

Dengan metode tersebut, mahasiswa nantinya bisa berasal dari seluruh Indonesia bahkan luar Indonesia. Di tiap wilayah akan dibangun Unit Sumber Belajar Jarak Jauh (USBJJ). Tiap USBJJ akan disediakan tutor yang bertugas menggantikan posisi dosen. Dengan begitu, mahasiswa cukup hanya bertemu dengan tutor untuk melakukan aktivitas perkuliahan.

Whatsapp