BINUS Online Learning Terapkan Metode Belajar Seperti Ini

 

BINUS Online Learning Terapkan Metode Belajar Seperti Ini

Pernah mendengar pepatah mengatakan tuntutlah ilmuke negeri Cina?, dari pepatah diatas bukan berarti kita harus langsung terbang ke negara tersebut, melainkan carilah ilmu sebanyak-banyaknya bahkan sampai ke tempat yang jauh sekalipun. Saat ini memang pendidikan menjadi bagian yang sangat penting karena semakin tinggi tingkat pendidikan maka kesejahteraan hidup akan semakin terpenuhi.

Saat ini terdapat beberapa metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran, khusus dalam pembelajaran online atau dalam jaringan (daring) yang ada di BINUS Online Learning (BOL). Pembelajaran di BOL sudah didukung oleh kecanggihan teknologi melalui adanya Learning Management System (LMS), dimana kegiatan berlangsung secara interaktif dan intensif oleh seluruh mahasiswa, dosen pengajar serta dosen praktisi berlangsung secara intensif. Materi perkuliahan berupa lecturer notes, power pointpresentation dan multimedia yang dibuat dalam format digital. Forum diskusi dilakukan secara online dan dirancang khusus untuk interaksi virtual mahasiswa dengan kelompok kerja dan seluruh dosen, yang terbagi menjadi: class room dan team room. Class room yaitu area diskusi bagi seluruh anggota kelas yang berhubungan dengan matakuliah, Team room yaitu area diskusi yang disediakan agar seluruh mahasiswa dapat bekerja kelompok dengan kelompoknya masing-masing. Pemberian materi kuliah dan pengumpulan tugas dapat dilakukan dengan sangat fleksibel melalui akses online oleh setiap mahasiswa. Class conference juga memungkinkan dosen dan mahasiswa berinteraksi secara real time seperti di ruang kelas. Pembahasan case study melalui pertemuan tatap muka dan pelaksanaan ujian dilaksanakan dalam minggu terakhir di setiap akhir periode perkuliahan serta selurug proses belajar mengajar didukung oleh fasilitas yang modern berupa Integrated Learning Management System dan Digital Library.

Cara belajar di BINUS Online Learning dapat menggunakan metode online dan face to face. Dalam metode online kita dapat belajar atau kuliah secara online dengan menggunakan device seperti laptop, handphone ataupun komputer yang terkoneksi dengan jaringan internet dan dalam metode pembelajaran face to face dapat berupa video conference (vicon) ataupun melakukan pertemuan dengan dosen secara on site