BINUS Online

MAHASISWA BINUS ONLINE LEARNING RAIH PREDIKAT PRESENTASI TERBAIK DALAM LOMBA KARYA TULIS ILMIAH TINGKAT NASIONAL

Jakarta, 3 Agustus 2018 – Karya ilmiah merupakan suatu laporan tertulis yang memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan seseorang atau sebuah tim. Pada bulan April 2018 Universitas Sumatera Utara menyelenggarakan Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional USU NICE COMPETITION 2.0 (Universitas Sumatera Utara National Scientific Competition 2.0). Lomba karya tulis ilmiah ini memiliki level tingkat nasional dan diikuti oleh banyak universitas ternama di Indonesia lainnya. Tema pada lomba kali ini adalah Sustainable Development Goals 2030 dengan sub tema kesehatan, agrikultur, pendidikan, teknologi, sains, dan lingkungan.

Yogi Reinaldi, Khoirun Naufal Liyanto dan Alfia Sevira adalah peserta yang ikut dalam perlombaan tersebut. Mereka bertiga adalah mahasiswa BINUS ONLINE LEARNING. Unikya mereka yang kuliah secara online dan sibuk bekerja satu sama lain di dalam perlombaan ini mereka bersaing dengan mahasiswa regular Universitas lainnya yang memiliki waktu lebih banyak untuk mempersiapkan lomba tersebut. Menjadi tantangan tersendiri bagi mereka dengan background yang berbeda dan juga kesibukan yang berbeda membuat mereka harus bekerja ekstra untuk dapat berdiskusi satu sama lain. Awalnya Yogi, Khoirun dan Alfia sempat ragu untuk mengikuti lomba ini karena mereka sibuk bekerja dan baru bisa bertemu untuk berdiskusi pada jam 8 – 12 malam, sedangkan lawan mereka mempunyai waktu yang cukup untuk fokus dengan lomba. Namun mereka tetap teguh untuk mengikuti lomba tersebut, dan mereka mempunyai satu misi yaitu “kita kan kuliah bener-bener bayar sendiri nih, pakai duit sendiri, gak mau yang hanya sekedar lulus, cuman dapet sertifikat ijazah tanpa ada pengalaman eksternal di perkuliahan” Terang Alfia.

Akhirnya setelah melewati proses yang panjang, Yogi, Khoirun dan Alfia mendapat penghargaan Best Presentation pada Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional USU NICE COMPETITION 2.0. Penghargaan tersebut didapat melalui karya tulis ilmiah yang mereka lombakan yaitu “Electro Far Infrared Radiation (EFIR): Desain Penerapan Efek Biologis Sebagai Aplikasi Medis Untuk Melancarkan Peredaran Darah Bagi Penderita Penyakit Jantung (Cardiovascular)”. Pencapaian yang mereka capai tentunya tidak luput dari motivasi. Motivasi yang mereka punya adalah mereka ingin membanggakan BINUS khususnya BINUS ONLINE LEARNING walaupun mereka adalah mahasiswa online yang memiliki latar belakang pekerjaan berbeda dan memiliki waktu yang minim tapi bisa berhasil dengan kekompakan yang di miliki. Kuliah online bukanlah menjadi halangan melainkan menjadikan motivasi yang sangat kuat agar mampu bersaing dengan baik.

Whatsapp