People Innovation Excellence
 

KONTRIBUSI 2.443 LULUSAN BINUS UNTUK BANGSA DAN DUNIA

Jakarta, 1 Agustus 2018, Kali ini BINUS UNIVERSITY memberikan kontribusi 2443 lulusan untuk bangsa. 80% dari wisudawan telah bekerja. 41% bekerja di Perusahaan Global atau Top Nasional dan 12% berwirausaha. Hal ini disampaikan pada acara Wisuda yang ke-58 yang bertempat di Jakarta Convention Center, Jakarta.

Wisuda 58 ini memiliki tema yaitu “Empowering Self To Be A Global Citizen”. Dengan tema ini diharapkan semua lulusan BINUS UNIVERSITY dapat memberikan berkontribusi dalam mendidik dan memberdayakan masyarakat Untuk Nusantara dan Dunia yang lebih baik.

“Kami melepas sebanyak 2.443 lulusan yang terdiri dari 17 lulusan S3, 349 lulusan S2, 2.009 lulusan S1 Reguler, 49 lulusan S1 Internasional, 15 lulusan D4, dan 4 Lulusan D3. Jumlah lulusan tersebut menambah Komunitas Alumni BINUSIAN yang kini berjumlah sebanyak 105.423 Alumni” Ungkap Rektor BINUS UNIVERSITY, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo., MM.

Dalam sambutannya, Rektor menambahkan bahwa pada wisuda kali ini, BINUS UNIVERSITY berhasil meluluskan 38 orang wisudawan dengan predikat Summa Cumlaude, dengan IPK lebih dari 3.90 dan 1 orang diantaranya meraih Penghargaan BINUSIAN Award of Excellence dengan meraih IPK Sempurna (4.00).

Yang menarik dalam wisuda kali ini adalah terdapat wisudawan termuda. Untuk program Sarjana (S1) dengan usia 21 tahun, Program Pasca Sarjana (S2) dengan usia 23 tahun dan Program S3 dengan usia 28 tahun.

Dengan bekal pendidikan berkelas dunia serta pengalaman yang berorientasi pada employability and entrepreneurship, BINUS UNIVERSITY bertekad melahirkan generasi penerus yang mampu melakukan perubahan dalam masyarakat sesuai dengan semangat BINUS Higher Education yaitu “Fostering and Empowering in Building and Serving the Nation”. Mendidik dan memberdayakan bangsa untuk Nusantara dan Global yang lebih maju.

Sambutan Rektor BINUS University Pada Wisuda 58, Rabu 1 Agustus 2018

Yth. Bpk. Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi

Yth. Ibu Dr. Illah Sailah, MS., Koordinator Kopertis Wilayah III DKI Jakarta

Yth. Bpk. Bernard Gunawan, Ketua Yayasan Bina Nusantara dan CEO BINUS Group, beserta Board of Management

Yth. Anggota Senat dan Dewan Pelantik BINUS University

Yth. Bpk. dan Ibu Orang Tua dan Keluarga Wisudawan

Yth. Pimpinan Lembaga Pemerintah dan Swasta, Pimpinan Industri dan Bisnis

Yth. Bpk. dan Ibu Kepala Sekolah BULC (BINUS University Learning Community), yang merupakan sekolah mitra dari BINUS UNIVERSITY

Yth. Bpk. dan Ibu Pimpinan Perguruan Tinggi yang berkenan hadir dalam acara Wisuda 58 ini

Yth. Rekan-rekan Dosen dan staff BINUS University

Yang sangat saya banggakan, semua wisudawan dan wisudawati Angkatan 58 BINUS University

Serta para hadirin sekalian

Salam sejahtera untuk kita semua.

Pertama-tama dan yang utama, marilah kita selalu panjatkan puji-syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala Berkat dan RahmatNya sehingga hari ini kita dapat bersama-sama menghadiri acara yang penuh kidmat dan kebahagiaan, di gedung yang megah dan indah ini.

Hari ini, Rabu, 1 Agustus 2018, merupakan kebahagiaan tersendiri bagi Keluarga Besar Sivitas Akademika BINUS University, bahwa untuk yang ke-58 kalinya dapat menyelenggarakan acara wisuda bagi para lulusannya.

Dalam wisuda ini BINUS University akan melepaskan lagi lulusannya sebanyak 2.443 lulusan yang terdiri dari 17 lulusan S3, 349 lulusan S2, 2.009 lulusan S1 Reguler, 49 lulusan S1 Internasional, 15 lulusan D4, dan 4 Lulusan D3.

Pertambahan jumlah lulusan Wisuda 58 ini akan menambah komunitas lulusan BINUS University sehingga menjadi 105.423 orang yang dipersembahkan kepada bangsa, negara dan dunia.

Pada Wisuda 58 ini, untuk pertama kalinya BINUS University meluluskan 12 orang wisudawan Program Studi Ilmu Komunikasi, Program Komunikasi Massa (Mass Communication), yang siap  menjadi duta-duta muda kreatif di bidang media massa, radio dan televisi sebagai bidang penyiaran yang berperanan penting dalam menyebarluaskan informasi ke seluruh nusantara.

Kami yakin dan percaya kontribusi para lulusan atau alumni BINUS University akan dapat berkarya di masyarakat, sekaligus menjadi Leader masa depan yang mampu mengajak dan melakukan perubahan dalam masyarakat untuk kemajuan bangsa, negara dan dunia.

Berikutnya yang tak kalah membanggakan, Wisuda 58 pada hari ini berhasil meluluskan 38 orang wisudawan dengan predikat Summa Cumlaude, dengan IPK lebih dari 3.90 dan 1 orang diantaranya meraih Penghargaan Binus Award of Excellence dengan meraih IPK Sempurna 4.00, yakni Kelvin Ng dari Program Ganda, yakni Program Studi Sistem Informasi dan Akuntansi. Kiranya prestasi yang membanggakan ini dapat terus ditingkatkan dalam kesempatan-kesempatan berikutnya, baik saat terjun di dunia industri maupun dunia usaha.

Seluruh Pimpinan Yayasan Bina Nusantara, dan pimpinan BINUS University beserta segenap sivitas akademika, mengucapkan selamat dan sukses atas semua prestasi yang telah Anda raih.

Hari wisuda ini menjadi hari istimewa untuk Anda semua sebagai wisudawan BINUS University, acara hari ini disiapkan dengan sangat serius oleh panitia dan mendapat perhatian penuh dari Pimpinan BINUS University. Semua ini untuk memberikan penghargaan kepada Anda semua yang telah berhasil melewati perjalanan panjang sebagai mahasiswa, baik dalam kegiatan studi akademik maupun non akademik.

Keberhasilan Anda semua yang dirayakan pada hari ini merupakan awal dari perjalanan panjang dalam mengarungi lautan karier dan kehidupan. Masih sangat banyak tantangan dan rintangan yang harus Anda hadapi; janganlah berhenti untuk terus berjuang menghadapi semua tantangan tersebut.

Berbekalkan pengetahuan, ketrampilan, budaya belajar, semangat tidak kenal menyerah, dan motivasi tinggi, kami percaya Anda semua dapat selalu meraih kesuksesan dalam mengejar karier dan cita-cita.

Jangan berhenti untuk terus belajar, tingkatkan terus segala pengetahuan dan kemampuan Anda, apalagi pada saat ini, Indonesia telah memasuki era baru dalam perekonomian global yang kita sebut dengan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) sebagai sebuah integrasi ekonomi di kawasan Asia Tenggara, yang penuh tantangan dan sekaligus peluang besar ini. Oleh karena itu, tiba saatnya untuk memaksimalkan inovasi, kreatifitas dan produktivitas daripada hanya sekadar membanggakan kekayaan alam tapi tidak mengolahnya dengan bijaksana.

Melengkapi hari istimewa ini, kami sampaikan informasi lengkap tentang prestasi dalam Wisuda 58 yang dapat dilihat pada tabel-tabel di bawah sambutan ini.

Para Binusian, undangan dan hadirin yang terhormat,

Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan saya sebagai pimpinan BINUS University ingin menyampaikan perkembangan yang terjadi di lingkungan Bina Nusantara.

BINUS 37 Tahun

Pada tanggal 1 Juli 2018 yang lalu, BINUS University merayakan ulang tahunnya yang ke-37. Ulang tahun itu menunjukkan sudah 37 tahun BINUS berkarya bagi masyarakat, bangsa dan negara melalui pendidikan. Kita semua bersyukur kepada Tuhan atas semua pencapaian, keberhasilan, dan juga prestasi selama 37 tahun berkarya. Ulang tahun ini semakin membangun semangat dan keyakinan untuk terus melanjutkan cita-cita pendidikan berkelas dunia serta membangun Indonesia yang lebih baik dan hebat. Perjalanan dan pengalaman 37 tahun juga terus menjadi modal dan motivasi Binusian untuk “fostering and empowering for a greater Nusantara”.

Saat ini BINUS University menyelenggarakan berbagai macam program pendidikan tinggi, baik program diploma (D3 dan D4), program sarjana (S1) baik reguler maupun international, program magister (S2) dan program doktoral (S3). Perkuliahan dapat dilakukan secara multi channel (global learning system), maupun dilakukan secara lebih fleksibel melalui program Online Learning.

Bahkan seiring dengan perkembangan teknologi dunia yang makin pesat di era perdagangan bebas, sejak tahun 2015 yang lalu  BINUS University telah membuka Program Doctor of Computer Science sebagai langkah maju dalam memberikan layanan pendidikan tinggi yang berkualitas di bidang ilmu komputer. Dengan dibukanya program ini maka akan semakin terbuka kesempatan bagi Binusian maupun masyarakat untuk menyempunakan pengetahuan dan penguasaannya akan teknologi di bidang komputer.

Dan yang membanggakan, sejak tahun 2014 yang lalu, BINUS University telah menjadi satu-satunya universitas swasta yang mendapat kepercayaan dari pemerintah untuk melaksanakan Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) untuk Program Studi Manajemen S1 dan Program Studi Sistem Informasi S1, sehingga semakin besar kesempatan masyarakat dimanapun berada untuk mendapatkan layanan pendidikan berkualitas BINUS University. Saat ini BINUS University telah mendapatkan ijin untuk melaksanakan PJJ sebanyak lima (5) Program Studi yaitu Program Studi Manajemen S1, Sistem Informasi S1, Akuntansi S1, Teknik Informatika S1, dan Teknik Industri S1.

Tahap demi tahap kemajuan terus diraih, hingga tahun 2017 yang lalu BINUS University semakin membuktikan kualitasnya dengan dengan membuka Program Magister Ilmu Komunikasi (MIK) dengan peminatan Strategic Marketing Communication yang terintegrasi dari dua tujuan yaitu Bisnis dan Digital yang kami sebut Integrated Marketing Communication (IMC). Program ini diharapkan dapat menjawab tantangan persaingan dunia kerja saat ini yang menuntut penguasaan ilmu komunikasi, organization, manajerial, media dan digital communication yang pada akhirnya membantu lulusan memiliki kepercayaan diri dalam menghadapi era global yang dinamis setiap saat.

Pada waktu yang hampir bersamaan, BINUS University juga membuka Program Studi Magister Akuntansi (MAKSI) dengan peminatan Management Accounting & Assurance and Attestation yang terintegrasi untuk mengembangkan pengetahuan dan wawasan akuntan professional pada bidang Akuntansi dan Auditing, Penelitian, Keahlian Manajerial dan Pemanfaatan Information and Communications Technology (ICT). Program ini menjawab tuntutan kebutuhan akan tenaga professional di bidang akuntansi dan keuangan yang sangat tinggi. Terutama kebutuhan akan professional yang memiliki kemampuan untuk memanfaatkan teknologi informasi (TI) sebagai bagian dari proses bisnis yang mendukung perkembangan korporasi. Akuntan professional juga dituntut untuk mampu mengembangkan dan memberikan nilai tambah terhadap profesinya melalui kegiatan penelitian.

Kepercayaan itu tidak hanya berhenti sampai di sini karena di tahun yang sama, yakni tahun 2017, BINUS University juga mendapatkan mandat dari pemerintah untuk membuka Program Profesi Insinyur. Hal ini semakin membuktikan bahwa kualitas BINUS University di bidang teknik semakin diakui dan mumpuni.

Bukan hanya prestasi dan kepercayaan di bidang akademik saja yang diberikan pemerintah kepada BINUS Univeristy, namun kepercayaan di bidang olahraga juga diberikan kepada BINUS University, yakni BINUS terpilih menjadi salah satu partner Broadcast Legacy Asean Games 2018 yang ditandai dengan ditandatanganinya nota kesepahaman oleh CEO BINA NUSANTARA (BINUS), Bapak Bernard Gunawan dengan Ketua INASGOC Erick Thohir dan Project Director IGBS (International Games Broadcast Services) Mike Wilmot di Wisma Serba Guna, Senayan, Jakarta pada Rabu, 17 Januari 2018). INASGOC yang menggandeng International Games Broadcast Services (IGBS) dalam menangani siaran langsung 38 pertandingan Asian Games 2018, meluncurkan program pelatihan yang khusus dirancang bagi para mahasiswa. Program bernama, Broadcast Legacy Asian Games 2018 yang menawarkan kesempatan besar bagi generasi muda Indonesia untuk mengambil peran pada siaran ajang multi event olahraga. Program Broadcast Legacy Asian Games 2018 bagi mahasiswa ini akan mengusung dua kegiatan utama, yakni kompetisi pembuatan film pendek (vignette) dalam rangka mempromosikan Asian Games 2018 dan kesempatan magang bersama tim IGBS selama Games Times, program itu ditargetkan diikuti lebih dari 500 mahasiswa. Untuk kompetisi pembuatan film pendek, selain harus dinamis dan orisinal, peserta kompetisi pembuatan film pendek harus mengusung salah satu dari empat tema yang sudah ditentukan, yakni Unity in Diversity, Energy of Asia, The World is Watching dan Preparing for Triumph.

Sedangkan untuk kegiatan magang, disediakan 10 posisi yang menarik. Diantaranya para mahasiswa berkesempatan magang sebagai Camera Assistant, Audio Assistant, Engineering Assistant, Loggers, Venue Assistant, IBC Information Assistant, Logistics Assistant, Legacy Assistant, Liason/Information, Contribution Distribution Transmission, Off-Tube/Commentary Assistants, Booking Assistant, Construction Assistant. Dengan mengikuti program Broadcast Legacy Asian Games 2018 ini, para mahasiswa yang merupakan generasi penerus bangsa akan mendapatkan warisan yang tak ternilai dan tak lekang akan jaman. Mereka akan mendapatkan peluang dalam mengembangkan ketrampilan di bidang penyiaran, terutama siaran olahraga yang terus berkembang sejalan dengan maraknya industri olahraga di dunia.

Kepercayaan pemerintah terhadap BINUS University di berbagai bidang akademik maupun olahraga, juga disempurnakan dengan satu lagi kepercayaan pemerintah di Bidang Community Service (Pengabdian Masyarakat). Pada hari Rabu, 31 Januari 2018 menjadi hari yang membanggakan bagi BINUS University. Kerja keras dan semangat para mahasiswa volunteer, yang dicurahkan sepenuh hati dalam setiap kegiatan yang diinisiasi oleh center Teach For Indonesia (TFI) – BINUS University, memperoleh pengakuan dari PEMPROV DKI Jakarta. BINUS menjadi satu-satunya Universitas yang mendapatkan Padmamitra Award tingkat Provinsi DKI Jakarta dalam Kategori Peduli Kemiskinan di tahun 2017. Padmamitra Award adalah penghargaan yang diberikan kepada kalangan dunia usaha yang telah mengimplementasikan tanggung jawab sosial perusahaannya secara proporsional dan menurut prinsip-prinsip pembangunan yang berwawasan sosial dan lingkungan serta berpedoman pada ISO 26000. Penghargaan ini diserahkan oleh Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan diterima oleh Vice Rector Student Affairs & Community Development, Bapak Johan, S.Kom., MM dengan ditemani Ibu Andyni Khosasih, S.E, B.A., M.Lit selaku TFI Manager. Dengan demikian, penghargaan ini merupakan pencapaian kali kedua yang diterima oleh BINUS University. Sebelumnya, di tahun 2015 BINUS sempat mendapatkan Padmamitra Award sebagai “Lembaga Pendidikan Swasta yang Melaksanakan Corporate Social Responsibility (CSR) Menurut Sasaran Program”.  Penghargaan ini terus menjadi pemacu dalam mengobarkan api semangat para BINUSIAN untuk dapat lebih berkarya, bekerja, dan mengabdi kepada masyarakat demi kemajuan pendidikan Nusantara yang lebih baik.

Visi dan Misi BINUS University

Sejak tahun 2008 BINUS University juga telah menetapkan visi dan misi yang selaras dengan visi Yayasan Bina Nusantara, penetapan ini sangat penting sebagai bagian dari strategi untuk menjawab tantangan masa depan.

Visi BINUS University:

A world-class University, …in continuous pursuit of innovation and enterprise.

Misi BINUS University:

The mission of BINUS University is to contribute to the global community through the provision of world-class education by :

  • Recognizing and rewarding the most creative and value-adding talents
  • Providing a world-class teaching, learning and research experience that fosters excellence in scholarship, innovation and entrepreneurship.
  • Conducting professional services with an emphasis on application of knowledge to the society
  • Creating outstanding leaders for global community
  • Improving the quality of life of Indonesians and the international community

Kebijakan Mutu BINUS University

BINUS University is committed to providing a world-class education with international learning experience that makes positive contributions to the global community

Semua yang ingin kita capai tentunya perlu diturunkan ke dalam langkah-langkah nyata baik yang sudah, sedang, maupun yang akan dilaksanakan di masa mendatang, dan semuanya itu tertuang di dalam suatu Rencana Strategis BINUS University 20/20.

Penghargaan yang diperoleh BINUS University

Upaya kreatif, strategis, dan tidak kenal lelah dari seluruh BINUSIAN, mendapatkan pengakuan dari banyak pihak. Pengakuan atau penghargaan yang diperoleh pada tahun 2018 ini sangatlah banyak dan mempunyai nilai yang membanggakan, baik yang didapatkan oleh masing-masing Jurusan/program studi, center, maupun universitas.

Beberapa penghargaan penting yang tercatat di tingkat universitas adalah:

  • Pada tanggal 7 Mei 2018, bertempat di area BSD City, Apple melanjutkan kolaborasi dengan BINUS University dengan meresmikan Apple Developer Academy di Indonesia sebagai yang pertama di Asia Tenggara dan dihadiri langsung Menteri Perindustrian Erlangga Hartarto. BINUS University menjadi universitas pertama yang terpilih karena merupakan institusi pendidikan yang terdepan di Bidang Komputer dan Teknik, sehingga melalui kerjasama ini diharapkan mampu memberikan pemahaman mendalam tentang kurikulum yang dibuat khusus untuk interaksi di ruang kelas di Indonesia. Keberadaan Apple Developer Academy ini diharapkan akan menjadi peluang tersendiri bagi masyarakat untuk belajar lagi dalam memulai bisnis berbasis aplikasi. Proses ini merupakan kelanjutan kerjasama Apple dan Binus dalam mengembangkan program iOS Foundation di Kampus Binus, Alam Sutera pada bulan Agustus 2017 yang lalu.
  • Pada tanggal 16 Maret 2018, di Tsinghua University, Beijing, China, BINUS University menerima Penganugerahan Asian MAKE Award yang diwakili oleh Bapak Lawrence Wibisono, BBA, M.Sc selaku Managing Director BINUS dan Bapak Dr. Elidjen, S.Kom, MInfoCommTech selaku Knowledge Innovation Manager. Juri atau panelis yang terdiri dari Fortune Global 500 Senior Executives dan Leading Knowledge Management and Intellectual Experts memilih Asian MAKE Winners. 57 organisasi yang dinominasikan dalam 2017 Asian MAKE, 27 organisasi terpilih sebagai finalis, dan 18 organisasi dari Indonesia, India, China, Hongkong, Iran, Korea Selatan, dan Jepang yang menjadi Asian MAKE Award Winner. Pada 2016 Asian MAKE Award, BINUS University tercatat sebagai satu-satunya MAKE Award Winner yang mewakili Indonesia. Selain BINUS UNIVERSITY, Pertamina dan United Tractor terpilih dan mewakili Indonesia dalam 2017 Asian MAKE Award Winner. Acara penganugerahan ini merupakan kelanjutan prestasi BINUS University tanggal 27 September 2017 yang untuk ke-11 kalinya berhasil mewakili Indonesia dalam ajang Asian Most Admired Knowledge Enterprise (MAKE) Study Award 2017. BINUS menjadi Juara Utama dengan memperoleh score tertinggi dan unggul di semua kriteria MAKE (8 kriteria) dan ke-3 kalinya menjadi Top 3 dalam penghargaan tersebut.  BINUS University bersama dengan dua perusahaan lainnya yaitu PT Pertamina (Persero) dan PT United Tractors, Tbk. memperoleh nilai tertinggi penghargaan Top 5 untuk semua kategori Indonesia MAKE Study Award 2017 dan menjadi Top 3 Winner sehingga berhak mendapat tiket langsung untuk menjadi finalis perwakilan di tingkat Asia. Knowledge Management (KM) semakin diminati oleh perusahaan-perusahaan besar sebagai sebuah studi untuk memberdayakan ilmu pengetahuan di lingkungan organisasi dan Indonesia MAKE Study Award yang diselenggarakan oleh Lembaga Dunamis ini sudah menjadi sebuah barometer KM yang berstandar internasional.
  • Di awal tahun 2018, komitmen BINUS University dalam menyediakan pendidikan yang berkualitas dibuktikan dengan diraihnya sebuah prestasi yakni, Program Studi Hotel Management dan Program Studi Akuntansi telah berhasil mempertahankan akreditasi A dari BAN-PT. Hal Ini menambah deretan prestasi program-program studi di BINUS University yang telah terakreditasi A.
Pemberian akreditasi ini dinilai dari 7 point: visi dan misi program studi serta strategi pencapaian; tata pamong, kepemimpinan, pengelolaan dan penjaminan mutu; mahasiswa dan lulusan; sumber daya manusia (pengelolaan, kualifikasi, prestasi dosen);  kurikulum, pembelajaran dan suasana akademik; sarana, prasarana dan sistem informasi; serta penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama.
  • Pencapaian ini akan terus meningkatkan rasa percaya diri BINUS University, bahwa BINUS University berada dalam jalur yang benar. Dan pencapaian ini juga menjadi pengingat dan pemacu bagi BINUS University untuk tetap meningkatkan kualitas program studi di mata Dengan demikian, BINUS University memiliki total dua puluh satu (21) Program Studi dengan Akreditasi A.
  • Melengkapi prestasi tersebut, tepatnya pada tanggal 19 Januari 2018, Program Studi Hotel Management BINUS University, setelah berhasil mempertahan Akreditasi A dari BAN-PT, juga berhasil mendapat akreditasi internasional TedQual dari The World Tourism Organization (UNWTO). TedQual Accreditation diciptakan untuk mendorong peningkatan kualitas pendidikan, program pelatihan dan penelitian di bidang pariwisata pada tingkat global.

Selain menjadi  universitas swasta pertama di Indonesia yang berhasil mendapatkan akreditasi ini, Program Studi Hotel Management BINUS University  adalah program studi pertama di Indonesia yang langsung mendapat akreditasi TedQual dengan masa berlaku tertinggi yaitu selama 4 tahun (19 Januari 2018 hingga 18 Januari 2022). Untuk mendapatkan akreditasi TedQual dengan masa berlaku 4 tahun adalah tidak mudah dan butuh uji kelayakan serta mutu suatu program studi. Untuk mendapatkan akreditasi TedQual, Program Studi Hotel Management BINUS UNIVERSITY telah melakukan in-site audit yang berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 25-27 September 2017 di BINUS UNIVERSITY dengan asesor Dr. George Ubbelohde, CHA, CHE, CHT, CHIA. Ada lima area yang dievaluasi dalam akreditasi ini yaitu aspek internal dan eksternal  program studi; kurikulum pendidikan yang terpadu; sarana dan prasarana pendidikan; tata pamong, kepemimpinan, serta pengelolaan;  serta pengembangan diri serta relevansi program studi terhadap kebutuhan di bidang pariwisata.

  • Pada tanggal 23 Agustus 2017 BINUS University berkolaborasi dengan NVIDIA dan Kinetica mendirikan AI (Artificial Intelligence) Research and Development Center yang merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia. AI R&D  Center ini berlokasi di Kampus Anggrek dan dilengkapi dengan fasilitas teknologi mutakhir dan lingkungan kerja yang kondusif untuk melakukan riset. Acara launching ini dibuka oleh Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. selaku Rektor BINUS University dan Ir. Bernard Gunawan, sebagai CEO BINA NUSANTARA, diikuti pula oleh kata sambutan dari Raymond Teh, selaku Vice President Sales dan Marketing untuk Regional Asia Pasifik NVIDIA, dan Joseph Lee, Vice President APAC, Kinetica.
  • Pada bulan Mei 2017, BINUS University mendapatkan penghargaan sebagai Best Companies to Work for in Asia 2017 oleh HR Asia sebagai wadah publikasi yang paling berotoritas tinggi di Asia untuk para senior HR dimana dipilih perusahaan terbaik dengan praktisi terbaik dengan setiap elemen pekerjanya yang dinilai unggul dan istimewa dari yang lainnya.Setelah melalui proses yang ketat, BINUS University dinobatkan sebagai salah satu Best Companies to Work for in Asia 2017 dan penghargaan ini diterima langsung oleh CEO BINA NUSANTARA, Bernard Gunawan.
  • Di awal tahun 2017, tepatnya pada tanggal 24 Januari 2017, sebuah prestasi telah diraih oleh BINUS University yang secara resmi menjadi salah satu universitas yang mendapatkan akreditasi institusi (AIPT) dengan Grade A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan Surat Keputusan bernomor 2991/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2016. Pencapaian gemilang ini melengkapi raihan akreditasi A yang sebelumnya sudah didapatkan oleh sebagian besar program studi yang ada di lingkungan BINUS UNIVERSITY, pada tahun-tahun sebelumnya. Beberapa tahun sebelumnya, BINUS University juga mendapatkan penghargaan sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik sejak tahun 2012 dari Koordinator Perguruan Tinggi Swasta (KOPERTIS) Wilayah III DKI Jakarta.
  • BINUS University menjadi satu-satunya universitas di Indonesia yang mengikuti Indonesian Quality Award (IQA) mulai dari tahun 2011. BINUS University merupakan satu-satunya universitas yang berpartisipasi bersama dengan 7 perusahaan yang sebagian besar merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pada tahun 2016, BINUS University kembali mengikuti IQA dengan hasil yang meningkat dari tahun tahun sebelumnya dan masuk dalam kategori Emerging Industry Leader.
  • Pada akhir tahun 2015 lalu, BINUS University telah meraih 7 Penghargaan Bina Mutu Perguruan Tinggi Swasta Kopertis Wilayah III dan 2 Penghargaan untuk Dosen dan Mahasiswa Berprestasi. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Bp. Muhammad Nasir selaku Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEKDIKTI) Republik Indonesia kepada Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM., Rektor BINUS University. Adapun kategori penghargaan yang diraih adalah PTS Terbaik dalam Kategori Pengembangan Kerja Sama; Pembinaan Kemahasiswaan; Tata Kelola; Pengembangan Dosen; Riset dan Pemanfaatan; Bidang Teknik; Bidang Komputer; serta Peringkat Pertama Mahasiswa Berprestasi Tingkat Kopertis Wilayah III Tahun 2015, atas nama Inca Maya Sari (Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi, Mahasiswa Berprestasi Nasional 2015) dan Peringkat II Dosen Berprestasi PTS Kopertis Wilayah III Tahun 2015, atas nama Dr. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom., (Dosen Program Studi Teknik Informastika).
  • Pada tahun 2015 yang lalu, BINUS University telah mendapatkan akreditasi internasional intuk bidang Engineering yaitu ABET. Akreditasi ABET diberikan kepada program studi Teknik Industri, Teknik Sipil dan Sistem Komputer. Suatu prestasi yang sangat membanggakan karena kualitas BINUS University telah dapat disejajarkan dengan universitas di dunia yang juga menerima akreditasi ini.
  • Pada tahun 2014 BINUS University diakui sebagai universitas bintang 3 dunia (3 Stars) dengan memperoleh 5 bintang pada indikator Teaching, Employability, Facilities, Access dan Engagement oleh Quacquarelli Symonds (QS) melalui QS Stars sebagai lembaga internasional yang berperan untuk mengukur rating universitas di dunia berdasarkan 8 kategori yaitu Research, Teaching, Employability, Internationalization, Facilities, Access, Engagement dan Specialist Criteria, yang akan menentukan bintang 0 sampai 5+.
  • BINUS University mendapatkan penghargaan dari Microsoft Indonesia sebagai salah satu universitas yang memberi impact kepada masyarakat melalui pengetahuan dan teknologi. BINUS University sudah mengaplikasikan Office365 for education sebagai sebuah revolusioner produk dari Microsoft Office yang dapat membantu para pengajar dalam meningkatkan proses belajar di kelas.
  • Dosen dan puluhan mahasiswa BINUS University berhasil mendapat penghargaan, juara lomba, baik tingkat nasional dan internasional, antara lain :
    • Puluhan dosen di BINUS University telah mendapatkan Hibah DIKTI dalam berbagai skema yang diselenggarakan oleh DIKTI selama tahun 2018 ini.
    • Banyak dosen di BINUS University yang telah mampu mempublikasikan karya ilmiahnya pada jurnal-jurnal internasional terkemuka yang terindeks oleh SCOPUS sehingga prestasi ini membuat BINUS University menduduki posisi ke 13 dari ranking SCOPUS untuk seluruh perguruan tinggi di Indonesia dan posisi 1 untuk PTS se-Indonesia
    • Pada tanggal 23 Agustus 2017 BINUS University mengukuhkan Prof. Dr. Widodo Budiharto, S.Si., M.Kom sebagai Guru Besar Tetap bidang Kecerdasan Buatan. Prof. Widodo Budiharto menjadi Guru Besar kelima yang dihasilkan sendiri oleh BINUS University, sekaligus menjadi Guru Besar termuda di antara ke-12 Guru Besar yang ada. Pengukuhan ini juga menandai keaktifan BINUS University melahirkan Guru Besar setelah terakhir pada tahun 2015 lalu. Keinginan besar Prof. Widodo untuk membantu kaum difable dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia membuat beliau selalu mencoba menemukan inovasi terbaru yang diharapkan dapat berguna bagi nusa dan bangsa, seperti : Kursi Roda Berbasis Pikiran “Ratanggalih”, Robot Edukasi berbahasa Indonesia “BIMAX”, aplikasi untuk mengukur dan meningkatkan kepuasan pernikahan “Counselove”, Drone yang digerakkan dengan sinyal otak, dan lain-lain. Hingga saat ini Prof. Widodo telah menulis 36 buku, puluhan paper dan jurnal internasional bereputasi. Beliau juga terpilih sebagai Juara II Dosen Berprestasi Kopertis Wilayah III dan masuk dalam 15 Dosen Berpretasi Nasional 2015. Selain itu, beliau juga merupakan salah satu dari 99 Ilmuwan yang masuk dalam Webometrics Rank Indonesian Scientist 2016, penerima dana hibah / insentif dari berbagai lembaga untuk riset dan jurnal ilmiah, menjadi visiting Professor pada berbagai universitas di luar negeri. Peristiwa ini menjadi salah satu tonggak yang penting bagi BINUS University menuju World Class Knowledge Institution.
  • Kejuaraan Tingkat Internasional untuk mahasiswa:
  • Mahasiswa BINUS University, Andika Leonardo, dari Program Studi Computer Science, meraih prestasi yang membanggakan bangsa Indonesia, karena menjadi satu-satunya mahasiswa Indonesia yang berkesempatan untuk berguru ke markas Apple dan bertemu dengan CEO Apple, Tim Cook, dengan mengikuti ajang bergengsi Worldwide Developers Conference (WWDC) 2018. WWDC 2018 telah dilangsungkan pada tanggal 4-8 Juni di San Jose, California. Dari seluruh penjuru dunia, hanya ada 350 mahasiswa cerdas yang terpilih untuk mendapatkan kesempatan emas tersebut. Andika dikirim ke markas besar Apple untuk belajar lebih jauh tentang program komputer dan pengembangan aplikasi iOS. Perjuangan Andika untuk mendapatkan beasiswa itu tentu tidak mudah, karena dia harus membuat sebuah sistem komputer yang bisa bekerja sendiri tanpa diprogram lebih dulu. Andika membuat sebuah machine learning, dimana komputer bisa mengerti yang dipikirkan oleh manusia tanpa diprogram oleh orang itu sendiri. Andika merupakan salah satu mahasiswa peserta pelatihan di Pusat Pendidikan Apple Indonesia (Apple Developer Academy). Dengan kesempatan ini Andika berharap dapat membantu Indonesia menjadi lebih baik di bidang teknologi, khususnya untuk perangkat lunak komputer.
  • Fierrany Halita, mahasiwa Jurusan DKV Animasi, meraih Juara I (Category F – Children and Youth), dalam Kejuaraan Ektopfilm -International Festival of Sustainable Development Films, yang diselenggarakan oleh Ektopfilm ltd., pada tanggal 30 April 2018.
  • Ni Made Pranita Sulystia Devi, dari UKM Badminton, meraih Juara III Tunggal Putri, dalam Kejuaraan USM Indonesia International Series 2018, yang diselenggarakan pada tanggal 10 April 2018.
  • Vici Indrati Milenia, Pandu Noer Umaro dan Agnes Isna Kuswondo, dari UKM BNEC, meraih penghargaan sebagai 1st Runner Up EFL dalam Kejuaraan Malaysia Debate Open (MDO), yang diselenggarakan oleh Multimedia University (Malaysia), tanggal 6 April 2018.
  • Anisa Molyna, mahasiwa Jurusan Sistem Informasi, terpilih mengikuti Program Exchange Student (Tokubetsu Chokogakuesi) di University of Tsukuba Japan, yang diselenggarakan oleh Trans-ASEAN Global Agenda Education (TAG) – AIMS (ASEAN International Mobility  for Students) Program, pada bulan April 2018.
  • Aliyah Nurjannah Aswin, Natasha Cicilya dan Irsyad Anggoroputro, dari IMCB (International Marketing Club), meraih penghargaan sebagai 2nd Winner, dalam Kejuaraan MIST (Marketing Insight), yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia, tanggal 25 Februari 2018.
  • Suryadi Sidharta, mahasiwa Jurusan Sistem Informasi, mendapatkan Grant dari Kyusu University Jepang dalam Acara ASEAN in Today’s World 2018 (AsTW 2018), yang diselenggarakan oleh Kyushu University, tanggal 22 Februari 2018.
  • Kentgi Tomo Winanto, dari UKM BNCC (Bina Nusantara Computer Club), meraih Juara 3 dalam Kejuaraan Fishackathon 2018 (membuat karya aplikasi IT dalam waktu 24 jam), yang diselenggarakan di Tokopedia Tower, tanggal 10 Februari 2018.
  • Agnes Isna Kuswondo dan Vici Indrati Milenia, dari UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) BNEC (Bina Nusantara English Club), meraih penghargaan 2nd Runner Up, dalam kompetisi debat “The 2018 Asian English Olympics”, yang diselenggarakan di Binus University, tanggal 8 Februari 2018. Dan Agnes Isna Kuswondo juga mendapat penghargaan sebagai “Novice First Best Speaker”.
  • Joshua Kevin Lianto, Willnado dan Angelia Valentine Tirayo, mahasiwa Jurusan Akuntansi dan Keuangan, meraih Juara 3 dalam Kompetisi Indonesia Accounting Fair 19, yang diselenggarakan oleh Universitas Indonesia, tanggal 27 Januari 2018.
  • Billy Sentosa Wijaya, mahasiwa Jurusan Sistem Informasi, meraih penghargaan berupa beasiswa perkuliahan “2018 Global Korea Scholarship (GKS)” di Dongguk University, yang diselenggarakan oleh Global Korea, tanggal 18 Januari 2018.
  • Kejuaraan Tingkat Nasional untuk mahasiswa:
  • Willnaldo, mahasiwa Jurusan Akuntansi dan Keuangan, meraih Juara 1 sebagai Deloitte Grand Ambassador 2018, yang diselenggarakan oleh Deloitte Indonesia, pada tanggal 9 Mei 2018.
  • Michael, Felicia dan David Hans Susanto, Tim Mahasiwa Jurusan International Marketing, meraih penghargaan Best Video, dalam Kejuaraan Dexlite WOW Case Competition 2018, yang diselenggarakan oleh Markplus Inc., pada tanggal 3 Mei 2018.
  • Rahmat Ardiansah Putra, dari UKM BNEC, meraih Juara 1 Speech, dalam Kejuaraan NEON (National English Competition) 2018, yang diselenggarakan oleh Universitas Tarumanegara, pada tanggal 27 April 2018.
  • Willy Pratama Gunawan, Jurusan Sistem Informasi, terpilih menjadi Juara 3 MAWAPRES (Mahasiswa Berprestasi) 2018 Kopertis 3 dan saat ini sedang berjuang di tingkat Nasional., pada bulan April 2018.
  • Rahmat Ardiansah Putra, dari UKM BNEC, meraih Juara 1 Speech, dalam Kejuaraan 22nd ALSA National English Competition, yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI), pada tanggal 19 April 2018.
  • Faiq Naufal, Willy Kristian dan Muhammad Ady Bagus Rahmansyah, Tim Mahasiwa Jurusan Sistem Informasi, meraih Juara 3 dalam Lomba ITechnocup 2018, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika & Komputer Politeknik Negeri Jakarta, pada tanggal 14 April 2018.
  • Jesslyn Yappy, Margaretha Vienna dan Regina Laij, Tim Mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan, mendapat Peringkat 5 dalam Kompetisi Parahyangan National Accounting Challenge (PNAC) 2018, yang diselenggarakan oleh Universitas Parahyangan, pada tanggal 9 April 2018.
  • Adeline Aurelia Tan dan Maha Ratu Pinkaneysya Zohra Permana Putri, meraih Juara 1 dan Juara 2 Lomba Pidato Bahasa Jepang dalam Acara Sakura Matsuri 2018, yang diselenggarakan oleh PT Lippo Cikarang bekerjasama dengan Kedutaan Besar Jepang di Indonesia, pada tanggal 7 April 2018.
  • Nadhifa Sarah Amalia, mahasiswa Jurusan Komunikasi Pemasaran, meraih Juara 2 dalam Jambore Nasional Komunikasi Kategori Lomba Essay, yang diselenggarakan oleh ASPIKOM, pada tanggal 27 Maret 2018.
  • Marcel Saputra, Riko Tandil dan Johan Yapson, Tim Mahasiswa Jurusan Sistem Komputer, meraih Juara 2 & Penghargaan untuk Strategi Terbaik (Best Strategy) dalam Kompetisi Java Robot Contest 9 (JRC IX), yang diselenggarakan oleh Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) , pada tanggal 24 Maret 2018.
  • Richard Theodore, Muh. Faraz Nazari dan Eldwen Hizkia Thomas, Tim Mahasiswa Jurusan Business Creation, memenangkan Seleksi 20 Besar Nasional Dana Hibah dari Kementerian Koperasi & Universitas Indonesia, pada tanggal 19 Maret 2018.
  • Hendra, mahasiswa Jurusan Komunikasi Pemasaran, meraih Juara 2 dalam Speak Up Essay Competition, yang diselenggarakan oleh BEM Universitas Petra Surabaya, pada tanggal 2 Maret 2018.
  • Viendya Ervina Karman, mahasiwa Jurusan Akuntansi dan Keuangan, meraih Juara 1 Tanding Dewasa Putra dalam Acara Stock Lab – Kompetisi Pengetahuan Pasar Modal 2018, yang diselenggarakan oleh Universitas Atma Jaya Yogyakarta, pada tanggal 7 Februari 2018.
  • Edy Setiawan, mahasiswa Jurusan International Marketing, meraih Juara 3 dalam Kejuaraan Aka Thamrin Trading Competition (ATTC) 2018, yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Analis Efek Universitas MH Thamrin, pada tanggal 23 Februari 2018.
  • Kevin Hartono, Agnes Isna Kuswondo, Vici Indrati Milenia dan Jonathan Raharja, dari UKM BNEC, meraih penghargaan sebagai First Runner Up, dalam kompetisi debat ALSA, yang diselenggarakan oleh Universitas Padjajaran Bandung, pada tanggal 23 Februari 2018.
  • Richard Theodore, Muh. Faraz Nazari dan Eldwen Hizkia Thomas, Tim Mahasiswa Jurusan Business Creation, merain Juara 1 Nasional, dalam Kejuaraan NESCAFE Kickstart Competition, yang diselenggarakan oleh Nescafe (PT Nestle), pada tanggal 20 Februari 2018.
  • Elvi Sukaesih, mahasiswa Jurusan Sastra China, meraih Juara 2 Kompetisi Story Telling dalam Kejuaraan School and University Competition  (SUMC) 2018, yang diselenggarakan oleh Universitas Pelita Harapan, pada tanggal 6 Februari 2018.
  • Tim UKM Pencak Silat Merpati Putih, meraih Juara 1 sampai 3, dalam Kejuaraan Pencak Silat Terbuka PPS Pakubumi Cup 2018, yang diselenggarakan oleh Perguruan Silat Paku Bumipada, pada tanggal 2 Februari 2018.
  • Jamilah, mahasiswa Jurusan Akuntansi dan Keuangan, meraih penghargaan sebagai Best Individual Performance (Mewakili ke South East Asia) dalam Acara 3rd Deloitte Tax Challenge Indonesia, yang diselenggarakan oleh Deloitte Indonesia, pada tanggal 1 Februari 2018.
  • Louis Raymond, mahasiswa Jurusan Teknik Arsitektur, meraih Juara II (Silver Winner) dalam Kompetisi Asia Young Designer Awards (AYDA) by Nippon Paint, yang diselenggarakan pada tanggal 19 Januari 2018.
  • Diandra Pramestisary, Obelia Simone dan Sufyan Tsaurie, Tim Mahasiwa Jurusan DKV Animasi, meraih Juara 2 dalam ASIAN Games Vignette Conpetition, yang diselenggarakan oleh International Games Broadcast Services (IGBS), pada tanggal 8 Desember 2018.
  • Masih banyak lagi penghargaan dalam bentuk juara lomba dalam berbagai kompetisi Nasional maupun Internasional lainnya yang diperoleh program studi, UKM dan center BINUS University, yang kesemuanya ini memberikan motivasi untuk terus mencapai yang terbaik.

Upaya Strategis yang sedang dan akan dilakukan oleh BINUS University

Sebagai upaya nyata mencapai world class university, BINUS University menetapkan 8 (delapan) sasaran strategis, yaitu:

  1. Meningkatnya daya saing lulusan BINUS University, sehingga mampu mengisi semua peluang sebagai profesional di perusahaan/organisasi global maupun menjadi enterpreneur yang sukses, terutama dengan adanya ASEAN Community tahun 2015.
  2. Meningkatnya jumlah karya inovasi dan unggulan yang bisa diimplementasikan di masyarakat, sehingga memberikan solusi untuk pembangunan bangsa Indonesia dalam bentuk pengabdian pada masyarakat dan layanan profesional.
  3. Meningkatnya kualitas akademik dengan menerapkan standard akademik internasional, global learning system, dan peningkatan kualitas faculty member.
  4. Membangun budaya dan kemampuan penelitian dan publikasi yang memberikan dampak tinggi pada masyarkat
  5. Melakukan upaya kerja sama strategis dengan semua mitra dalam dan luar negeri untuk memperkuat kompetensi BINUS University dan sekaligus mempertegas kehadiran BINUS University di forum nasional dan internasional
  6. Memastikan semakin banyak dan tingginya pengakuan global dari seluruh stakeholder terhadap BINUS University, termasuk didalamnya tercapainya akreditasi nasional, internasional, maupun pengakuan rangking BINUS University di tingkat Asia dan dunia
  7. Mencapai kondisi university of choice untuk BINUS University
  8. Mencapai kondisi pertumbuhan yang berkelanjutan dari BINUS University, sehingga mampu memberikan layanan akademik yang lebih besar dan luas kepada masyarakat dan stakeholder.

Sebagai upaya strategis untuk merealisasikan harapan membina nusantara dan mengembangkan pendidikan di luar Jabodetabek, serta sebagai bagian dari BINUS Higher Education System, maka pada tanggal 3 Agustus 2016 Yayasan BINA NUSANTARA meluncurkan Institut Teknologi Kreatif Bina Nusantara Malang atau yang disebut dengan BINUS@Malang yang berlokasi di The Araya, Malang. Didukung dengan pengalaman dan sistem yang sudah terimplementasi dengan baik, BINUS@Malang hadir dengan fokus pada teknologi kreatif dan kearifan lokal, dengan konsep Digital Technopreneur Campus yang nantinya dapat menampung lebih dari 7.000 mahasiswa. Karakteristik program perkuliahan yang diunggulkan di BINUS Malang adalah Program 2+1+1 dimana mahasiswa akan mendapatkan pengalaman belajar multicampus dan pengalaman profesional di luar kampus.

Bersamaan dengan itu, pada tahun 2017 yang lalu BINUS University telah hadir di Kota Bandung untuk melayani kebutuhan pendidikan masyarakat di wilayah Kota Bandung, serta wilayah Jawa Barat dan sekitarnya. BINUS@Bandung sebagai Sekolah Tinggi Teknologi Kreatif Bina Nusantara.menawarkan sesuatu yang berbeda, yaitu perpaduan teknologi dan industri kreatif. Selain itu BINUS University telah hadir di Kota Palembang dan Semarang dan segera hadir di beberapa kota besar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan pendidikan berkualitas.

Semangat untuk melengkapi layanan pendidikan di area Jabodetabek juga terus digelorakan dan diwujudkan dengan pendirian BINUS University di Bekasi yang akan mulai beroperasi pada Tahun Akademik 2016/2017 yaitu pada bulan September 2016 secara bertahap mulai dari penggunaan kampus bridging sampai dengan penggunaan kampus utama di tahun 2018. Melanjuti komitmen tersebut, pada tanggal 18 Mei 2017 diselenggarakan acara GROUNDBREAKING BINUS@Bekasi. Acara ini tidak hanya sebagai tanda awalnya pembangunan gedung kampus BINUS@Bekasi, tetapi juga sebagai lanjutan perjalanan BINUS@Bekasi dalam memberikan pendidikan yang berkualitas dan berkelas dunia bagi warga Bekasi.

Akhirnya pada tanggal 8 Maret 2018, proses pembangungan BINUS@Bekasi sampai pada tahap Topping off yang menandakan bahwa proses pembangunannya sudah memasuki tahap akhir yang dimulai sejak bulan Mei 2017. BINUS University @Bekasi dibangun seluas 55.000m2 di area dengan luas tanah 3.6 hektar dan berlokasi di Jl. Bulevar Utara Raya, Marga Mulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi. Dengan konsep Integrated Green Campus dan dapat menampung lebih dari 20.000 mahasiswa, kampus ini akan dikembangkan menjadi pusat Business Services Technology yang dapat memberikan nilai manfaat bagi mahasiswa dan masyarakat. Program studi yang ditawarkan pada BINUS @Bekasi dirancang untuk memenuhi perkembangan service industry secara global dan mempersiapkan mahasiswa agar dapat menerapkan pengetahuan dan kompetensi mereka dengan pola pikir industri dan kewirausahaan, seperti: Business Management, Business Information Technology, Accounting Technology, Hospitality Management, Hospitality Management and Culinary Arts.

Komitmen, dedikasi yang tinggi dan semangat tidak kenal menyerah dari seluruh BINUSIAN, serta dengan lindungan Tuhan, akan memberikan jaminan pencapaian itu semua.

Kami percaya pada akhirnya BINUS University akan mendapatkan pengakuan world class university yang sesungguhnya dari masyarakat global dan semuanya itu untuk kepentingan seluruh mahasiswa, alumni, dosen, orang tua, pelaku industri , masyarakat dan pemangku kepentingan (stakeholder) lainnya.

Komunitas BINUSIAN

Guna mewujudkan jaringan di antara para BINUSIAN maka sejak tahun 1999 telah dibentuk komunitas BINUSIAN. Dalam era global saat ini sangat dibutuhkan jaringan untuk saling berbagi informasi dan berkomunikasi di antara para BINUSIAN. Komunitas BINUSIAN akan menjadi besar dan kuat pada masa mendatang sehingga antara satu dengan lainnya mempunyai ikatan emosional yang kuat sebagai mahasiswa, alumni, karyawan, dosen dan pengelola BINUS University, pendidikan Bina Nusantara dan juga institusi pelatihan Bina Nusantara. Para BINUSIAN akan saling bertukar informasi dan berkomunikasi dalam mengembangkan ide dan usaha, dan menangkap peluang untuk terus dikembangkan di masa yang akan datang. Komunitas BINUSIAN akan tumbuh dan mekar dalam jaringan yang bersifat global melampaui batas negara guna membentuk jaringan secara internasional.

Usaha dan kegiatan dalam menghimpun komunitas BINUSIAN dilakukan melalui sarana BINUS Career yang merupakan unit kerja sebagai jembatan antara BINUS University dengan dunia usaha dan juga yang menjembatani antara BINUS University dengan para alumninya.

BINUS Career dapat menyalurkan para lulusannya dan mengkomunikasikan peluang pekerjaan dari dunia usaha kepada para BINUSIAN dan menyampaikan informasi kepada BINUSIAN yang akan meneruskan studinya baik di dalam negeri maupun di manca negara. BINUS Career juga berfungsi untuk mendapatkan informasi tentang kompetensi tenaga kerja yang dibutuhkan di dunia usaha yang merupakan masukan yang sangat berguna dalam mengemas kurikulum program studi di BINUS University. Sarana yang dapat digunakan dalam berkomunikasi saat ini dapat melalui www.binuscareer.com yang merupakan portal penghubung dan pemersatu para BINUSIAN.

Untuk itu kami mengajak kepada para lulusan agar senantiasa mengupdate data pribadi masing-masing, prestasi, dan masukan bagi BINUS University termasuk kebutuhan tenaga kerja yang dapat dilakukan melalui homepage tersebut di atas. BINUS Career juga melakukan berbagai kegiatan yang melibatkan secara langsung para alumni BINUS University sehingga wadah ini tidak hanya merupakan jembatan antara BINUS University dengan para alumninya tetapi juga jembatan antar alumni itu sendiri. Untuk itu jangan ragu, klik www.binusian.org/alumni dan bergabunglah bersama komunitas BINUSIAN.

Untuk lebih mengembangkan dan melengkapi peranan komunitas dari, oleh dan untuk BINUSIAN, maka Pimpinan BINUS University telah meresmikan  Ikatan Keluarga Alumni (IKA) BINUS University dan mengangkat para pengurusnya yang terdiri dari para alumni, pada tanggal 21 Juli 2018, bertempat di BINUS Alam Sutera. Dengan terbentuknya IKA BINUS ini maka jalinan persaudaraan, komunikasi dan kerjasama di dalam komunitas BINUSIAN akan semakin berkembang dan mendatangkan manfaat besar bagi upaya membangun nusantara. Para alumni juga bisa berbagi informasi dan menjalin komunikasi dengan cara mendaftarkan diri menjadi anggota facebook IKA Binus yang akan divalidasi terlebih dahulu keanggotannya oleh ARO (Alumni Relation Office) BINUS University.

Para Binusian, undangan dan hadirin yang terhormat,

Prestasi, kesuksesan dan kemajuan yang telah diraih BINUS University saat ini merupakan hasil kerja keras segenap anggota keluarga besar Bina Nusantara, serta merupakan hasil pembinaan Pemerintah melalui peraturan serta tantangan yang diberikan.

Untuk itu sudah selayaknya kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemerintah, khususnya kepada Bapak Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan Ibu Koordinator Kopertis Wilayah III DKI Jakarta, atas semua arahan dan pembinaannya.

Ucapan terima kasih juga kami sampaikan kepada Ketua Yayasan Bina Nusantara, Bapak Bernard Gunawan beserta para pengurus Yayasan Bina Nusantara dan Board of Management BINUS Group, atas segala arahan dan bimbingannya, terima kasih juga kepada semua anggota keluarga besar Bina Nusantara yang terdiri dari para pimpinan, dosen, karyawan, dan mahasiswa atas kerjasama dan dorongan untuk memajukan BINUS University secara terus-menerus.

Atas nama pimpinan dan staf serta seluruh sivitas akademika BINUS University, sekali lagi kami sampaikan ucapan SELAMAT DAN SEMOGA SUKSES kepada para BINUSIAN 2018 periode satu yang telah berhasil menyelesaikan studinya, dan ucapan SELAMAT DAN TERIMA KASIH juga kami  tujukan kepada para orangtua dan keluarga para Binusian 2018 atas semua jerih payah dan pengorbanan kepada putra/putri bapak & ibu selama belajar di lingkungan Bina Nusantara dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kami untuk menyiapkan putra/putri bapak & ibu memasuki dunia kerja dan wirausaha di tengah masyarakat.

Terima kasih kami sampaikan kepada rekan-rekan Anggota Senat BINUS University, rekan pimpinan Bina Nusantara dan staf, para dosen, para karyawan, para Binusian semuanya, seluruh panitia dan anggota Paramabira yang telah mempersiapkan dan bekerja keras melaksanakan kegiatan pelepasan BINUSIAN 2018 periode satu ini. Juga terima kasih kepada para rekanan dan para undangan yang ikut memeriahkan upacara wisuda hari ini.

Kepada para lulusan, kembangkan terus kemampuan dalam diri Anda agar Anda semua selalu dapat berkiprah dalam dunia dan masyarakat dunia. Jangan lupa Anda semua merupakan anggota komunitas BINUSIAN yang selalu berkomunikasi dalam pengembangan kemampuan di antara Anda. Jangan lupa kepada almamater BINUS University yang telah membekali dan menghantar Anda untuk meraih kesuksesan pada hari ini.

Bersyukurlah bahwa perjuangan Anda telah berhasil menempatkan Anda dalam barisan BINUSIAN, yang telah memiliki nama besar di kalangan dunia usaha. Jaga terus nama baik keluarga besar Bina Nusantara, agar cita-cita lembaga ini untuk menjadikan para BINUSIAN sebagai warga dunia yang bertanggung jawab dapat terealisasi melalui karya Anda.

Untuk itu saya ingin berpesan sekali lagi agar Anda semua selalu berupaya menyempatkan diri mengunjungi kampus Anda melalui dunia maya di www.binus.ac.id, www.binuscareer.com, dan www.binusian.org/alumni untuk meremajakan data diri Anda dan memberikan masukan dan tantangan kepada pengelola BINUS. Ingatlah selalu BINUS University sebagai almamater Anda.  Marilah secara bersama kita membentuk Komunitas BINUSIAN yang kita banggakan ini.

Jayalah BINUSIAN selalu !

Sekian dan terima kasih.

 

Jakarta, 1 Agustus 2018

 

BINUS University

Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, MM

Rektor

Tabel 1 Lulusan Angkatan 58 dari Segi Prestasi Akademik

Program Studi/Program Jenjang Jumlah Lulusan IPK Jml Mhs[%] Lulus tepat waktu Masa belajar rata-rata [Th]
Rata-Rata Ter-

tinggi

Te-

rendah

IPK >3,0 IPK

2,5-3,0

IPK <2,5 [%]
Ilmu Manajemen (Doctor of Research in Management) S3 17 3.65 3.91 3.34 100.00 0.00 0.00 17.65 4.37
Magister Manajemen (Finance) S2 2 3.48 3.52 3.43 100.00 0.00 0.00 0.00 2.47
Magister Manajemen (Marketing) S2 29 3.53 3.68 3.27 100.00 0.00 0.00 41.38 1.77
Magister Manajemen (Management) S2 157 3.56 3.93 3.06 100.00 0.00 0.00 80.25 1.66
Magister Manajemen Sistem Informasi S2 93 3.69 3.94 3.31 100.00 0.00 0.00 72.04 1.86
Magister Teknik Industri S2 4 3.68 3.73 3.58 100.00 0.00 0.00 25.00 1.78
Magister Teknik Informatika S2 64 3.59 3.94 2.86 98.44 1.56 0.00 31.25 2.34
Sistem Informasi S1 383 3.28 3.92 2.01 83.03 10.70 6.27 70.50 2.32
Sistem Informasi (Information Systems – BI) S1 4 3.22 3.61 2.84 75.00 25.00 0.00 50.00 4.55
Sistem Informasi (Audit Sistem Informasi) S1 1 2.14 2.14 2.14 0.00 0.00 100.00 0.00 5.38
Sistem Informasi (Komputerisasi Akuntansi) S1 20 3.07 3.85 2.19 60.00 10.00 30.00 65.00 3.82
Teknik Informatika S1 482 3.33 3.98 2.02 82.16 7.68 10.17 81.54 3.66
Teknik Informatika (Computer Science – BI) S1 9 3.14 3.90 2.41 55.56 33.33 11.11 55.56 3.9
Teknik Informatika (Game Application and Technology) S1 28 3.36 3.88 2.64 92.86 7.14 0.00 85.71 3.51
Teknik Informatika (Mobile Application and Technology) S1 9 3.59 3.92 3.15 100.00 0.00 0.00 100.00 3.37
Teknik Industri S1 15 2.95 3.63 2.10 53.33 26.67 20.00 53.33 1.99
Teknik Sipil S1 9 3.00 3.65 2.35 33.33 55.56 11.11 0.00 4.48
Arsitektur S1 16 2.78 3.38 2.33 18.75 62.50 18.75 0.00 4.81
Sistem Komputer S1 15 3.41 3.82 2.10 80.00 6.67 13.33 80.00 3.7
Manajemen S1 362 3.13 3.97 2.06 67.13 18.23 14.64 61.88 3.12
Manajemen (Marketing – BI) S1 5 2.66 2.89 2.44 0.00 80.00 20.00 0.00 4.75
Manajemen (International Marketing) S1 27 3.34 3.77 2.14 77.78 18.52 3.70 74.07 3.63
Manajemen (International Business Management) S1 170 3.43 3.95 2.08 87.06 10.59 2.35 94.71 3.44
Manajemen (International Business – BI) S1 7 3.00 3.55 2.53 42.86 57.14 0.00 57.14 4.69
Akuntansi S1 108 2.93 3.82 2.00 40.74 36.11 23.15 25.93 2.4
Akuntansi (Accounting – BI) S1 8 2.97 3.43 2.60 50.00 50.00 0.00 50.00 4.05
Akuntansi (Finance) S1 5 3.50 3.80 2.77 80.00 20.00 0.00 80.00 3.57
Ilmu Komunikasi (Komunikasi Pemasaran) S1 75 2.92 3.81 2.29 37.33 45.33 17.33 13.33 4.66
Ilmu Komunikasi (Communication – BI) S1 7 2.64 2.97 2.41 0.00 57.14 42.86 0.00 4.98
Ilmu Komunikasi (Komunikasi Massa) S1 12 3.73 3.86 3.50 100.00 0.00 0.00 100.00 3.37
Sastra Inggris S1 19 3.24 3.95 2.07 68.42 21.05 10.53 36.84 4.45
Sastra Jepang S1 16 3.04 3.74 2.14 56.25 31.25 12.50 0.00 4.99
Sastra Cina S1 4 2.69 3.90 2.04 25.00 25.00 50.00 25.00 5.12
Psikologi S1 23 2.74 3.30 2.10 26.09 43.48 30.43 4.35 4.76
Hubungan Internasional S1 27 2.91 3.85 2.49 25.93 66.67 7.41 0.00 4.4
Desain Komunikasi Visual (Animasi) S1 31 2.83 3.61 2.08 25.81 64.52 9.68 3.23 4.57
Desain Komunikasi Visual (New Media) S1 34 2.78 3.59 2.20 29.41 44.12 26.47 5.88 4.93
Desain Komunikasi Visual (Creative Advertising) S1 7 2.78 3.03 2.40 28.57 57.14 14.29 0.00 4.51
Desain Komunikasi Visual (Graphic Design & New Media – BI) S1 6 2.89 3.17 2.71 16.67 83.33 0.00 16.67 4.59
Desain Interior S1 20 2.69 3.22 2.29 15.00 55.00 30.00 0.00 4.57
Desain Produk (Fashion Management – BI) S1 2 2.54 2.62 2.46 0.00 50.00 50.00 0.00 4.55
Film (BI) S1 1 2.34 2.34 2.34 0.00 0.00 100.00 0.00 6.56
Ilmu Hukum (Hukum Bisnis) S1 14 3.05 3.89 2.60 35.71 64.29 0.00 14.29 4.29
Manajemen dan Teknik Industri S1 7 3.47 3.94 2.91 71.43 28.57 0.00 71.43 4.65
Sistem Informasi dan Manajemen S1 27 3.01 3.87 2.12 40.74 44.44 14.81 74.07 4.94
Sistem Informasi dan Akuntansi S1 25 3.30 4.00 2.10 68.00 20.00 12.00 72.00 4.84
Teknik Informatika dan Matematika S1 11 3.53 3.97 2.83 90.91 9.09 0.00 81.82 4.73
Teknik Informatika dan Statistika S1 7 3.56 3.94 2.92 85.71 14.29 0.00 71.43 4.94
Perhotelan (Hotel Management) D4 15 3,05 3,58 2,58 53,30% 46,67% 0,00% 20,00% 4,6
Komputerisasi Akuntansi D3 4 3.05 3.66 2.31 50.00 25.00 25.00 25.00 3.42
Universitas   2443 3.26 3.88 2.27 0.73 0.17 0.10 0.62 3.21

 

Tabel 2 Lulusan Angkatan 58 dari Segi Usia dan Jenis Kelamin

Program Studi (Program) Jenjang Usia Termuda Usia Tertua Laki-Laki Perempuan
Ilmu Manajemen (Doctor of Research in Management) S3 28 64 14 3
Magister Manajemen (Finance) S2 26 31 2 0
Magister Manajemen (Marketing) S2 23 40 13 16
Magister Manajemen (Management) S2 23 53 96 61
Magister Manajemen Sistem Informasi S2 23 54 70 23
Magister Teknik Industri S2 38 49 4 0
Magister Teknik Informatika S2 24 54 51 13
Sistem Informasi S1 20 43 260 123
Sistem Informasi (Information Systems – BI) S1 21 26 3 1
Sistem Informasi (Audit Sistem Informasi) S1 25 25 1 0
Sistem Informasi (Komputerisasi Akuntansi) S1 21 24 10 10
Teknik Informatika S1 21 28 406 76
Teknik Informatika (Computer Science – BI) S1 21 24 9 0
Teknik Informatika (Game Application and Technology) S1 21 39 25 3
Teknik Informatika (Mobile Application and Technology) S1 21 23 8 1
Teknik Industri S1 23 43 14 1
Teknik Sipil S1 22 24 7 2
Arsitektur S1 23 26 10 6
Sistem Komputer S1 21 25 14 1
Manajemen S1 21 53 148 214
Manajemen (Marketing – BI) S1 23 26 2 3
Manajemen (International Marketing) S1 20 25 9 18
Manajemen (International Business Management) S1 20 25 64 106
Manajemen (International Business – BI) S1 21 25 2 5
Akuntansi S1 21 33 48 60
Akuntansi (Accounting – BI) S1 20 29 4 4
Akuntansi (Finance) S1 21 23 3 2
Ilmu Komunikasi (Komunikasi Pemasaran) S1 21 27 30 45
Ilmu Komunikasi (Communication – BI) S1 23 26 4 3
Ilmu Komunikasi (Komunikasi Massa) S1 22 23 1 11
Sastra Inggris S1 21 27 5 14
Sastra Jepang S1 23 26 7 9
Sastra Cina S1 23 25 1 3
Psikologi S1 22 25 7 16
Hubungan Internasional S1 22 27 11 16
Desain Komunikasi Visual (Animasi) S1 22 28 17 14
Desain Komunikasi Visual (New Media) S1 23 30 20 14
Desain Komunikasi Visual (Creative Advertising) S1 22 25 4 3
Desain Komunikasi Visual (Graphic Design & New Media – BI) S1 22 24 1 5
Desain Interior S1 22 28 7 13
Desain Produk (Fashion Management – BI) S1 23 24 0 2
Film (BI) S1 27 27 1 0
Ilmu Hukum (Hukum Bisnis) S1 22 25 12 2
Manajemen dan Teknik Industri S1 23 25 5 2
Sistem Informasi dan Manajemen S1 21 27 15 12
Sistem Informasi dan Akuntansi S1 22 26 9 16
Teknik Informatika dan Matematika S1 22 26 7 4
Teknik Informatika dan Statistika S1 22 25 4 3
Perhotelan (Hotel Management) D4 23 26 7 8
Komputerisasi Akuntansi D3 23 38 3 1
Universitas   20 64 1475 968

 

 

Tabel 3 Wisudawan/ti yang Memperoleh Prestasi Summa Cumlaude (Urut berdasarkan IPK dan Nama)

No Jenjang Nama Mahasiswa NIM Jurusan IPK
1 Strata 1 KELVIN NG 1701317534 Sistem Informasi dan Akuntansi 4.00
2 Strata 1 WILLVINA 1701316563 Sistem Informasi dan Akuntansi 3.99
3 Strata 1 ANDRI WINATA 1801374021 Teknik Informatika 3.98
4 Strata 1 CECILIA JEANNIE 1801375680 Teknik Informatika 3.98
5 Strata 1 JEFFRY ANGTONI 1801425975 Teknik Informatika 3.97
6 Strata 1 LENNY YAPANANDA SAMUDRA 1801373914 Manajemen 3.97
7 Strata 1 WILLIAM RYANDINATA 1701301454 Teknik Informatika dan Matematika 3.97
8 Strata 1 JEVON AVERILL 1801448524 Teknik Informatika 3.96
9 Strata 1 BRENDA LEORA 1801427961 Manajemen (International Business Management) 3.95
10 Strata 1 EVELYN YOESEPHINE 1801382074 Teknik Informatika 3.95
11 Strata 1 FRENDY 1801398702 Sastra Inggris 3.95
12 Strata 1 MELODY PININTA KASIH 1801387094 Sastra Inggris 3.95
13 Strata 1 TIFFANY 1801375762 Teknik Informatika 3.95
14 Strata 1 ANATHASYA YOSEPHINE MEILIANA TANSIL 1701316393 Sistem Informasi dan Akuntansi 3.94
15 Strata 2 ANGELA 1801621925 Magister Manajemen Sistem Informasi 3.94
16 Strata 1 CAROLINE 1701297961 Teknik Informatika dan Statistika 3.94
17 Strata 2 CATHERINE 1801621931 Magister Manajemen Sistem Informasi 3.94
18 Strata 1 HANS CHRISTIAN 1801393973 Teknik Informatika 3.94
19 Strata 1 NATASYA EMANUELLA CHANDRA 1701309835 Manajemen dan Teknik Industri 3.94
20 Strata 1 PHIE ALBERT PRIANTO 1801398324 Teknik Informatika 3.94
21 Strata 1 WYLIE KURNIAWAN 1801387144 Manajemen 3.94
22 Strata 1 ANTON WIBOWO 1801384312 Teknik Informatika 3.93
23 Strata 2 JOAN CAROLINE LUMBAN TOBING 1600001463 Magister Manajemen (Management) 3.93
24 Strata 1 KEVIN YULIANTO 1801396054 Teknik Informatika 3.93
25 Strata 1 RICKY KURNIAWAN 1701293515 Teknik Informatika dan Matematika 3.93
26 Strata 1 RUDY PUTRA 1801413331 Teknik Informatika 3.93
27 Strata 1 VENNY TANIA WINARTA 1801384615 Sastra Inggris 3.93
28 Strata 1 FERNANDO PRAYOGO 1801391122 Teknik Informatika (Mobile Application and Technology) 3.92
29 Strata 1 KEVIN KURNIAWAN 1801413716 Teknik Informatika 3.92
30 Strata 1 STEPHANIE SANTOSO 1801429020 Sistem Informasi 3.92
31 Strata 1 TANIA WINOTO 1801388903 Manajemen (International Business Management) 3.92
32 Strata 1 ADELIA 1801384363 Teknik Informatika 3.91
33 Strata 2 CHATRINE SYLVIA 1801621944 Magister Manajemen Sistem Informasi 3.91
34 Strata 3 JUNAID ALI SAEED RANA 1840001293 Ilmu Manajemen (Doctor of Research in Management) 3.91
35 Strata 1 NANDO SANG PUTRA 1801413035 Teknik Informatika 3.91
36 Strata 1 NIRA MARCIA 1801379836 Manajemen 3.91
37 Strata 1 REGITA NATALIA KURNIAWAN 1801453612 Manajemen 3.91
38 Strata 1 SANVENIA VERONICA 1801412511 Manajemen (International Business Management) 3.91

 

Tabel 4 Lulusan dengan IPK Tertinggi untuk Masing-Masing Program Studi (Urut berdasarkan Kelompok Program Studi dan Nama)

No Jenjang Program Studi (Program) Nama IPK NIM
1 Strata 3 Ilmu Manajemen (Doctor of Research in Management) JUNAID ALI SAEED RANA 3.91 1840001293
2 Strata 2 Magister Manajemen (Finance) AGUNG RAMADONI 3.52 1500003303
3 Strata 2 Magister Manajemen (Marketing) ANDI JORINATAN 3.68 1500007604
4 Strata 2 Magister Manajemen (Management) JOAN CAROLINE LUMBAN TOBING 3.93 1600001463
5 Strata 2 Magister Manajemen Sistem Informasi ANGELA 3.94 1801621925
6 Strata 2 Magister Manajemen Sistem Informasi CATHERINE 3.94 1801621931
8 Strata 2 Magister Teknik Industri MOHAMMAD AMINUDDIN 3.73 1701581662
9 Strata 2 Magister Teknik Informatika NETTY SETIAWAN 3.94 1701580880
10 Strata 1 Sistem Informasi STEPHANIE SANTOSO 3.92 1801429020
11 Strata 1 Sistem Informasi (Information Systems – BI) JONATHAN WIJAYA 3.61 1801445075
12 Strata 1 Sistem Informasi (Audit Sistem Informasi) ERZA ENDRIYAN 2.14 1601211331
13 Strata 1 Sistem Informasi (Komputerisasi Akuntansi) ANTONIA AMETHYST MULJANI 3.85 1801382723
14 Strata 1 Teknik Informatika ANDRI WINATA 3.98 1801374021
15 Strata 1 Teknik Informatika CECILIA JEANNIE 3.98 1801375680
16 Strata 1 Teknik Informatika (Computer Science – BI) ELBERT CHRISTOPHER LAROSA 3.90 1801442464
17 Strata 1 Teknik Informatika (Game Application and Technology) DENNIS SAMUEL 3.88 1801373952
18 Strata 1 Teknik Informatika (Mobile Application and Technology) FERNANDO PRAYOGO 3.92 1801391122
19 Strata 1 Teknik Industri PRIYO SETIANTO 3.63 1901580900
20 Strata 1 Teknik Sipil STEVEN TAN 3.65 1701356150
21 Strata 1 Arsitektur ORIANA EIDELWEISS 3.38 1701344882
22 Strata 1 Sistem Komputer KEVIN KURNIAWAN 3.82 1801380144
23 Strata 1 Manajemen LENNY YAPANANDA SAMUDRA 3.97 1801373914
24 Strata 1 Manajemen MARISA THEA DELLA 3.97 1801390063
25 Strata 1 Manajemen (Marketing – BI) MOCHAMMAD NUR DHANYANSYAH 2.89 1701363004
26 Strata 1 Manajemen (International Marketing) NATASHA RIZAL 3.77 1801380895
27 Strata 1 Manajemen (International Business Management) BRENDA LEORA 3.95 1801427961
28 Strata 1 Manajemen (International Business – BI) SHARON BELLA SETIAWAN 3.55 1701319874
29 Strata 1 Akuntansi RATU MARWAAH FIRHATIL UYUUN 3.82 1801440300
30 Strata 1 Akuntansi (Accounting – BI) JUANDI WONGKAR 3.43 1801454893
31 Strata 1 Akuntansi (Finance) MARCELIA ELISA 3.80 1801394710
32 Strata 1 Ilmu Komunikasi (Komunikasi Pemasaran) Dillon Hastomo 3.81 1801450573
33 Strata 1 Ilmu Komunikasi (Communication – BI) YOSIFEBI RAMADHANI 2.97 1601286370
34 Strata 1 Ilmu Komunikasi (Komunikasi Massa) EMELIA SUHARTONO 3.86 1801395726
35 Strata 1 Ilmu Komunikasi (Komunikasi Massa) NYIANTI WIJAYA 3.86 1801412373
36 Strata 1 Sastra Inggris FRENDY 3.95 1801398702
37 Strata 1 Sastra Inggris MELODY PININTA KASIH 3.95 1801387094
38 Strata 1 Sastra Jepang KINDIDA ESSEYDIO 3.74 1701289455
39 Strata 1 Sastra Cina FINA 3.90 1701301630
40 Strata 1 Psikologi ANDITA PUTRI INDRASWARI 3.30 1701314381
41 Strata 1 Hubungan Internasional NOTO SUONETO 3.85 1701347146
42 Strata 1 Desain Komunikasi Visual (Animasi) AMELA SANJAYA 3.61 1701297192
43 Strata 1 Desain Komunikasi Visual (New Media) FANNY TANIA 3.59 1701319174
44 Strata 1 Desain Komunikasi Visual (Creative Advertising) ALVIN EFFENDY 3.03 1701316481
45 Strata 1 Desain Komunikasi Visual (Creative Advertising) CLAUDIA DYAH PRAMUDITA 3.03 1701327163
46 Strata 1 Desain Komunikasi Visual (Graphic Design & New Media – BI) ADINDA HAPSARI 3.17 1701319924
47 Strata 1 Desain Interior DARA THALIA 3.22 1701295003
48 Strata 1 Desain Produk (Fashion Management – BI) EIGGY WIJAYA 2.62 1701319905
49 Strata 1 Film (BI) DWI SATRYA RANGGA BUANA 2.34 1501198865
50 Strata 1 Ilmu Hukum (Hukum Bisnis) BRITANIA HANIF PUTRI 3.89 1801432715
51 Strata 1 Manajemen dan Teknik Industri NATASYA EMANUELLA CHANDRA 3.94 1701309835
52 Strata 1 Sistem Informasi dan Manajemen NANDA FERONIKA 3.87 1701348073
53 Strata 1 Sistem Informasi dan Akuntansi KELVIN NG 4.00 1701317534
54 Strata 1 Teknik Informatika dan Matematika WILLIAM RYANDINATA 3.97 1701301454
55 Strata 1 Teknik Informatika dan Statistika CAROLINE 3.94 1701297961
56 Diploma 4 Perhotelan (Hotel Management) FRANSISKA EVADYNA DWIPUTRI 3.58 1701345840
57 Diploma 3 Komputerisasi Akuntansi GABY INDIKA ROMBOT 3.66 1801451576

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close