BINUS Online

BINUS ONLINE LEARNING Selenggarakan Kompetisi Pembuatan Rencana Bisnis untuk Pelajar

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Binus Online Learning (BOL) menyelenggarakan sebuah lomba bertajuk Business Plan Competition 2018, Sabtu (7/4/2018) mulai pukul 8.00-14.00 WIB.

Lomba ini dipusatkan pada tiga tempat, yakni Kampus BOL (Jakarta), Kampus Binus@Semarang (Semarang) dan Kampus Binus@Palembang (Palembang).

Untuk kampus Binus@Semarang sendiri bertempat di lantai 3 Gedung Grinatha, Jl Pemuda No 142, Kota Semarang.

Ada sepuluh finalis di lomba Business Plan Competition 2018 ini dan mereka semua adalah para pelajar tingkat SMA, SMK mau pun mahasiswa.

Para finalis tersebut adalah Abigail Anjanette Ariesiswanto, Uswatun Khasanah, Adhi Danar Dono, Bagas Indrayatna, Rahel Margareta, Sidartha Prastya, Wendy Aroandie, Vivin Karyani, Gary Mahadika dan Theodorus Budhi Krismanto.

Adapun sekolahnya yaitu SMA Kristen YSKI Semarang, SMAN Sumatera Selatan, SMKN Jawa Tengah, SMK Kimia Industri Theresiana Semarang, SMA Ignatius Global School Palembang, SMA Methodist II Palembang, Politeknik Negeri Sriwijaya, Binus Online Learning-Jakarta dan Universitas Katolik Musi Charitas.

Sesuai tajuknya, lomba ini sendiri merupakan wadah kreatifitas bagi para peserta untuk membuat business plan atau rencana bisnis yang mana menjadi salah satu bagian terpenting dalam berwirausaha.

Hal ini dikatakan oleh Manajer Binus@Semarang, Melania Wiannastiti.

“Tujuan yang pertama yaitu memberikan wadah kreatifitas dalam membuat business plan baik bagi siswa-siswi SMA atau SMK maupun mahasiswa berdasarkan kearifan lokal. Sedangkan yang kedua, agar dapat menjalin kerjasama dengan sekolah-sekolah terkait,” tuturnya kepada Tribunjateng.com.

Adapun judul-judul business plan berdasarkan kearifan lokal yang dibuat oleh para peserta yakni Mukrim, Mie Calci, Susu Jagung Manis, Hoble (Hot Boble), Pemanfaatan Keong Sawah (Tutut) Menjadi Makanan Lokal yang Disukai Kalangan Remaja, Adarmacala, Soba Sabu Anti Mainstream, VIKA Hijab, Business Plan Laundry Berbasis Aplikasi dan Grandpop Popcorn.

Dalam kegiatan lomba ini, masing-masing peserta dari tiga tempat yang berbeda tersebut mempresentasikan judul business plan mereka menggunakan sistem Cisco TelePresence.

Yakni sebuah produk buatan Cisco Systems berupa video yang menghubungkan lebih dari satu ruangan yang terpisah secara fisik ke dalam satu acara dan data-datanya menggunakan koneksi broadband.

Agar terasa seperti sebuah ruang pertemuan meskipun masing-masing ruangan tersebut berada di lokasi yang berbeda.

Pemenang lomba akan diberikan hadiah berupa uang tunai, beasiswa kuliah di BOL dan piagam.

Setelah lomba, ada kegiatan lanjutan yang diselenggarakan oleh BOL agar business plan yang dilombakan tersebut dapat terealisasi menjadi kegiatan wirausaha yang nyata. (rez)

Source : https://jateng.tribunnews.com/2018/04/07/binus-online-learning-selenggarakan-kompetisi-pembuatan-rencana-bisnisuntuk-pelajar.

Penulis: Reza Gustav Pradana
Editor: m nur huda

Whatsapp