People Innovation Excellence

Soft Launching Hybrid Program Binus Online Learning

SOFT LAUNCHING‘HYBRID PROGRAM”BINUS ONLINE LEARNING

TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG — Binus Unversity melalui BIINUS Online Learning yang telah mendapat mandat dari pemerintah  membuka Program Pendidikan Jarak dengan SK Nomor 146/E/O/2014 pada  tanggal 10 Juli 2014 tentang Izin Penyelenggaraan Pendidikan Jarak Jauh dari Kemdikbud RI. Dengan SK tersebut tahun 2014 BINUS Online Learning mulai membuka program di beberapa kota dengan berdirinya BINUS University Learning Community (BULC) di Palembang, Semarang, Malang dan Bekasi.

Program pendidikan secara online yang mengusung ‘tag line’ kuliah fleksibel lulusan berkualitas ini dipersiapkan bagi siapa saja; para professional, wiraswasta bahkan ibu rumah tangga, yang ingin melanjutkan kuliah yang berkualitas, namun terhalang oleh kesibukan kerja atau kegiatan lainnya yang tidak memungkinkan mereka hadir secara fisik di kampus.

Mahasiswa secara fleksibel bisa mengikuti kuliah dimana saja dan kapan saja tanpa terbatas ruang dan waktu. Tidak ada batas usia untuk program ini. Syarat utama telah lulus SMA/SMK dan dibuktikan dengan SKHUN. Kualitas juga sangat dijaga, dengan salah satu keharusan bahwa mahasiswa mengikuti ujian di kampus yang diselenggarakan tiap 3 bulan sekali.

Pada awal dimulainya perkuliahan online di BINUS @Semarang hanya ada 2 jurusan jenjang S1 yaitu Manajemen Bisnis dan Sistem Informasi. Namun seiring perkembangan dan ijin yang didapat dari DIKTI, maka sekarang sudah ada 4 program S1: Manajemen Bisnis, Sistem Informasi, Teknik Informatika dan Akuntansi. Dibuka juga program ekstensi D3 ke S1.

Sementara Program D3 Komputerisasi Akuntansi dan S2 Magister Teknik Informatika, Magister Manajemen Sistem Informasi, Magister Manajemen, Magister Teknik Industri dan Magister Ilmu Komunikasi diselenggarakan di Binus Online Jakarta tetapi proses pendaftaran bisa dilakukan BINUS @Semarang.

Seiring dengan semakin banyaknya lulusan SMA/SMK baru yang ingin kuliah tetapi juga ingin bekerja atau berwira usaha  mendorong mereka untuk bergabung dengan kuliah yang fleksibel yang memungkinkan mereka bisa melakukan keduanya tanpa batasan waktu dan tempat.

Namun berdasarkan pengalaman, beberapa diantara mereka tidak langsung otomatis siap dengan self-management dalam sistem kuliah online. Hal ini karena terjadi peralihan dari yang terbiasa bertemu guru di kelas atau sekolah setiap hari dengan sistem online yang lebih menuntut kemandirian walaupun dalam perkuliahannya tersedia interaksi antara dosen dengan mahasiswa and antar mahasiswa.

Untuk menjembatani para lulusan baru SMA/SMK agar siap kuliah online tanpa kendala, maka diluncurkanlah program khusus bagi mereka.  Manajer BULC (BINUS University Learning Community) Semarang, Melania Wiannastiti mengatakan “Pada tanggal 1 Maret 2017 BINUS Online Learning melakukan soft launch ing HYBRID Program. Perkuliahan program ini akan dimulai di bulan September 2017 ini. Program ini ditujukan terutama bagi para lulusan baru dari SMA/SMK yang ingin mengikuti kuliah di BINUS Online Learning.”

Ia menambahkan, “HYBRID Program ini merupakan perpaduan antara Pembelajaran tatap muka di kampus BINUS @Semarang dalam kelas tutorial dan kelas online”.

Yang ditawarkan untuk  HYBRID Program ini adalah jenjang Strata 1 (S1) dengan 4 jurusan: Sistem Informasi, Teknik Infomatika, Manejemen Bisnis dan Akuntansi. Program HYBRYD ini hanya dibuka di BINUS @Semarang dan BINUS @Palembang saja.

HYBRID Program ini menyediakan kuliah tutorial tatap muka di kelas dengan tutor selama dua semester yang dilaksanakan di BULC Semarang atau yang disebut juga kampus BINUS @Semarang. Mahasiswa akan hadir di kelas dan mengikuti kuliah tutorial seperti kuliah regular didampingi oleh tutor dan kuliah online yang dipandu oleh dosen pengampu menggunakan Learning Management System (LMS) sebagai website untuk kuliah online yang bisa diakses di http://ol.binus.ac.id .

Dalam kuliah tutorial ini, mahasiswa harus hadir di kelas dan akan dipandu untuk berdiskusi mengenai materi perkuliahan, dan mendapat bimbingan para tutor sehingga mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Program ini diharapkan mampu menjembatani proses peralihan cara belajar dari tatap muka menjadi cara belajar online secara penuh setelah 2 semester sehingga mahasiswa mampu mandiri untuk kuliah dan mencapai prestasi yang diharapkan. HYBRID Program yang akan dimulai pada perkuliahan September 2017 ini sudah dibuka untuk pendaftaran mulai bulan Maret 2017.

“Pendaftaran untuk program khusus ini akan dibuka mulai 1 Maret 2017. Para siswa SMA/SMK yang sekarang masih duduk kelas XII atau tahun terakhir juga sudah bisa mendaftarkan diri untuk mengikuti perkuliahan BINUS Online Learning ke BULC Semarang”, kata Melania, Manajer BULC Semarang.

“Program ini tidak terbatas pada lulusan SMA/SMK saja. Para karyawan, professional dan siapa saja yang masih memiliki waktu bergabung dengan kuliah tutorial ini pun bisa mengikuti program ini. Namun bagi yang terkendala waktu, silahkan bergabung dengan program online secara penuh”, tambahnya. (*)

Informasi dan ‘Trial Online Class’

Informasi lebih lengkap mengenai BINUS Online Learning di BINUS @Semarang bisa diunduh melalui laman http://online.binus.ac. id atau http://bulc.binus.ac. id/semarang.

Informasi lebih lanjut mengenai perkuliahan online HYBRID Program ini bisa didapatkan di BINUS University Learning Community (BULC) Semarang di Gedung Bank Jateng Lt.3 , Jl. Pemuda 142 Semarang ph. 024 – 356 909, melalui WA 0813 2967 9090 atau email pmbbolsemarang@binus.edu  .

Bagi siapa saja yang berkeinginan untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai Learning Management System (LMS) yang digunakan sebagai media pembelajaran BINUS Online Learning, silahkan menggunakan akses http://onlinetrial. binus.ac.id.

“Melalui laman online trial ini, siapa saja diajak untuk melihat dan merasakan menjadi ‘mahasiswa’ yang bisa melihat jadwal baik video conference (VICON) maupun jadwal sesi, materi, forum dan semua informasi yang dibutuhkan mahasiswa selama perkuliahan di BINUS Online Learning,” terang Manajer BULC Semarang, Melania Wiannastiti. Bergabunglah dengan komunitas global bersama BINUS Online Learning.

Sumber: http://jateng.tribunnews.com/2017/03/03/soft-launching-hybrid-program-binus-online-learning?page=all


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close