BINUS Online

Pengalaman Internasional BINUS ONLINE LEARNING bertajuk “Introduction Storage Area Network” dengan Hendrik Tanto

BINUS ONLINE LEARNING kembali memberikan pengalaman internasional kepada mahasiswa agar kelak dapat siap bersaing di dunia global dan menjadi pemimpin yang luar biasa.

Kali ini pengalaman internasional tersebut datang dari Hendrik Tanto, Senior Staff Software Engineer Stealth Mode Storage Startup. Dengan membawakan topik mengenai “Introduction Storage Area Network”, mahasiswa senantiasa mendapatkan pengetahuannya mengenai pengenalan Storage Area Network (SAN) dan pengenalan mengenai beberapa teknologi penyimpanan dan industri.

Tantangan di pasar SAN selalu terkait dengan biaya dan kurangnya keterampilan IT dengan ilmu SAN. SAN dikenal mahal dan mengelola SAN membutuhkan keterampilan khusus IT dengan pelatihan khusus. Namun SAN juga memiliki peluang yaitu dengan meledaknya pertumbuhan data digital yang dihasilkan dari penggunaan perangkat mobile dan media sosial yang besar-besaran. Tren ini pun menghasilkan sejumlah data yang besar yang juga membutuhkan penyimpanan yang besar.

“Dengan topik yang saya sampaikan, saya berharap mahasiswa dapat memiliki pemahaman dasar bagaimana penyimpanan di data center dari perusahaan besar yang dibangun dan dirancang menggunakan teknologi penyimpanan dari storage vendor,” jelas Hendrik.

Topik ini berguna bagi mahasiswa yang setelah lulus berpotensi untuk bekerja sebagai administrator storage, engineer yang bekerja untuk perusahaan teknologi penyimpanan atau bisnis dan marketing dalam produk penyimpanan terkait.

Disamping itu, bagi mahasiswa computer science, topik ini juga dapat memberikan pemahaman dasar bagaimana produk penyimpanan bekerja sebelum mereka dapat mulai merancang dan membangun produk penyimpanan sendiri.

“Poin penting yang perlu diingat oleh mahasiswa mengenai SAN adalah ketika membangun produk penyimpanan perlu adanya integritas data. Jika tidak ada integritas data, maka tidak ada produk penyimpanan,” ucap Hendrik.

“Semoga dengan adanya pengalaman internasional bersama BINUS ONLINE LEARNING, dapat membuka pemikiran mahasiswa mengenai industri penyimpanan. Jadi setelah mereka lulus kuliah dan memutuskan untuk menjadi bagian dari industri, mereka akan memiliki pengetahuan dasar dan memahami bagaimana produk penyimpanan dibangun, teknologi apa yang digunakan dan bagaimana penyimpanan diimplementasikan dalam bisnis,” tambahnya. (MEL)

Whatsapp