People Innovation Excellence

Pengalaman Internasional Bertajuk “Beyond Silicon Valley: Perspectives on Growing Entrepreneurship in Indonesia and Cleveland”

BINUS UNIVERSITY dengan visi nya sebagai A World-class University, terus berupaya untuk memberikan pengalaman internasional kepada mahasiswa agar siap bersaing di dunia global dan kelak menjadi pemimpin yang luar biasa.

Melalui BINUS ONLINE LEARNING, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengalaman belajar dari dosen-dosen dalam negeri saja, namun juga mendapatkan pengalaman internasional dari dosen maupun ahli yang berasal dari luar negeri.

Kali ini pengalaman internasional tersebut datang dari Michael Goldberg, selaku Asisten Profesor, Department of Design and Innovation di Case Western Reserve University. Dengan membawakan topik bertajuk “Beyond Silicon Valley: Perspective on Growing Entrepreneurship in Indonesia and Cleveland”, mahasiswa senantiasa mendapatkan pengetahuannya mengenai Silicon Valley dan bagaimana mengembangkan bisnis sebagai entrepreneur (wirausaha) yang baik.

“Ketika saya berdiskusi dengan mahasiswa BINUS ONLINE LEARNING, terjalin engagement yang sangat baik. Mereka saling berbagi pengalaman mereka masing-masing, baik yang saat ini sedang bekerja di perusahaan tradisional, maupun yang ingin memulai karirnya dalam mengembangkan bisnis startup,” jelas Michael.

Ia juga menambahkan bahwa di Indonesia banyak sekali orang yang ingin belajar dan dalam sesi pengalaman internasional ini, ia juga mencoba untuk memberikan support mengenai entrepreneurship dengan menggunakan buku Beyond Silicon Valley dan contoh-contoh lainnya.

Seperti yang kita tahu, saat ini di Indonesia banyak sekali wirausaha yang memulai bisnisnya dan jumlahnya terus bertambah hingga saat ini. Salah satu contohnya adalah Gojek. Kita dapat merasakan adanya kehadiran Gojek di tengah-tengah kota yang besar, yang tidak hanya bisa mengantarkan kita ke suatu tempat, namun juga dapat membantu kita dalam mengirimkan maupun membeli sebuah produk.

“Saya suka dengan ide unik yang dilakukan oleh orang-orang Indonesia. Seperti halnya Gojek, saya menyukai konsepnya, yang memang dimulai dan dibangun oleh orang Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa bisnis startup dapat menjadi sebuah peluang yang sangat baik bagi para wirausaha,” jelasnya.

Ia juga menceritakan pengalamannya ketika berkunjung ke kota Surabaya. Di sana ada seorang wirausaha muda yang juga mempunyai ide sama, namun kendaraan atau ojek yang khusus dikendarai oleh wanita dan untuk penumpang wanita. Menurutnya, ide ini sangat unik sekali di pasar Indonesia dan sangat menginspirasi.

Walaupun kita menyadari akan ada banyaknya peluang untuk menjadi wirausaha yang sukses, namun ada saja kekhawatiran atau ketakutan yang muncul di tengah para wirausaha muda. Menurut Michael, hal tersebut sangat wajar sekali. “Wajar rasa takut itu dapat terjadi di mana-mana, namun untuk menjadi wirausaha tentunya kita harus percaya bahwa apa yang kita kerjakan nantinya akan berhasil, tidak takut dengan akan adanya kegagalan,” ujarnya.

Tentunya ketika kita ingin memulai sesuatu yang baru, banyak orang-orang yang berasumsi bahwa hal yang kita lakukan tidak akan berhasil. Namun dengan semangat dan usaha yang baik, tidak ada hal yang tidak mungkin.

Berbicara mengenai wirausaha yang ada di Unites States (US) khususnya di Cleveland, banyak orang-orang yang melihat sejarah mengenai entrepreneur dan ahli entrepreneur yang memang sudah berkarir ratusan tahun yang lalu di Cleveland, yang salah satunya adalah John Davison Rockefeller.

Mereka melihat banyak sekali tipe-tipe wirausaha yang berbeda-beda. Banyak sekali orang-orang yang memulai bisnis sebagai wirausaha di US. Mereka membuat sesuatu yang baru dan mencoba untuk memecahkan masalah yang ada di kalangan masyarakat. Di sana perusahaan yang besar cenderung tidak menambahkan pekerjaan baru atau dengan arti karyawan yang tidak terlalu banyak. Dengan jumlah karyawan yang tidak banyak, maka akan ada tantangan yang besar bagi anak-anak muda karena teknologi baru yang harus dikembangkan.

Sebagai mahasiswa yang ingin memulai bisnis sebagai wirausaha, penting sekali untuk kita mengetahui apa yang ingin kita lakukan di dalam berkarir. Apakah ingin menjadi seorang karyawan di perusahaan besar, atau ingin mengambil kesempatan untuk membuat sesuatu yang baru.

“Saya sangat senang sekali bisa berdiskusi dengan mahasiswa BINUS ONLINE LEARNING. Dengan menggunakan tools Webex, BINUS ONLINE LEARNING dapat menjangkau semua mahasiswa di seluruh Indonesia. Hal penting lainnya adalah BINUS ONLINE LEARNING mampu menyediakan akses ke pendidikan dengan cara yang berbeda,” jelas Michael. (MEL)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close