BINUS Online

Seminar Internasional bertajuk “How to Make Your Corporate Values Mean something” oleh Cherry Pearl P.Smpayan

Tidak hanya mendapatkan pengalaman dari dosen-dosen dalam negeri saja, namun mahasiswa BINUS ONLINE LEARNING juga senantiasa mendapatkan pengalaman internasional dari dosen-dosen atau pembicara dari luar negeri. Kali ini pengalaman internasional tersebut didapatkan oleh mahasiswa melalui seminar bertajuk “How to Make Your Corporate Values Mean Something” oleh Cherry Pearl P.Smpayan dari Filipina.

Menurut Cherry, sebuah nilai perusahaan (Corporate Values) adalah merek (brand) itu sendiri bagi perusahaan. “Budaya menjadi merek Anda, karena hal itu yang membentuk perilaku tertentu dalam membuat sebuah keputusan dan bagaimana berperilaku di perusahaan Anda sendiri,” jelasnya. Jadi, ada keseragaman, ada standar yang benar-benar tercermin dalam perusahaan.

Nilai perusahaan memiliki peran yang penting sekali bagi pekerja. Jika sesuatu hal terjadi, dengan adanya nilai di dalam perusahaan, kita akan tahu bagaimana seharusnya kita berperilaku dan bersikap. “Beberapa perusahaan mengatakan bahwa nilai mereka adalah DNA mereka. Banyak perusahaan di Indonesia juga mengatakan hal yang sama, bahwa nilai perusahaan tersebut akan berada di hati, pikiran, dan perilaku mereka,” tambah Cherry.

Tanpa adanya nilai, sebuah perusahaan akan menghadapi tantangan. Tanpa adanya nilai, setiap pemimpin akan menempatkan makna ke nilai mereka sendiri, tidak pada perusahaan. Seperti halnya jika terjadi penggantian pemimpin di dalam perusahaan, maka otomatis budayanya juga akan berbeda. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya sebuah nilai di dalam perusahaan.

Di dalam seminar ini, Cherry juga mengatakan khusus bagi para karyawan baru, penting sekali untuk mengikuti nilai yang benar-benar sudah berlaku di dalam perusahaan. Kita harus mampu beradaptasi dengan nilai tersebut.

“Pesan saya kepada karyawan baru, bersiaplah untuk mempelajari nilai di dalam perusahaan. Ketika kamu mempelajari sesuatu hal yang baru, semoga dapat membantu dirimu tumbuh menjadi pribadi yang dewasa dan memiliki tanggung jawab yang lebih,” ujarnya. (MEL)

IMG_1541

Whatsapp