BINUS Online

Cara Efektif Mengelola Big Data Bersama Lojai.com

Mahadata atau yang lebih dikenal dengan Big Data merupakan sebuah teknologi baru di dunia teknologi informasi dimana teknologi tersebut dapat digunakan untuk mengelola, menyimpan, dan menganalisis data dalam berbagai macam format, jumlah yang sangat besar, dan dengan pertambahan data yang sangat cepat. Pengolahan dan analisis data dalam jumlah sangat besar ini memerlukan waktu yang relatif jauh lebih singkat dengan menggunakan Big Data dibanding teknologi data sebelumnya.

Dengan perkembangan teknologi yang semakin cepat itulah, BINUS ONLINE LEARNING mendatangkan seorang praktisi yang bergelut langsung di dunia digital yang menaungi perusahaan bernama Lojai.com. Kegiatan ini berupa sharing knowledge yang merupakan salah satu bentuk kuliah umum, disalah satu mata kuliah mahasiswa BINUS ONLINE LEARNING.

Kedatangan Agus Tjandra selaku CEO dari Lojai.com mendapatkan banyak apresiasi dari mahasiswa. Terdapat 52 peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan kuliah online ini, yang bentuk kegiatannya berupa video conference sesuai dengan cara pembelajaran dari BINUS ONLINE LEARNING itu sendiri.

Agus Tjandra mengungkapkan bahwa big data sangat membantu, khususnya untuk perusahaan e-commerce seperti Lojai.com dimana konsumennya sangat luas dan tersebar di seluruh penjuru dunia. Agus membagi 3 tips untuk memanfaatkan big data dalam strategi pemasaran, seperti, memanfaatkan Google Trends, Data Analytics dan ketepatan waktu.

Dengan adanya Google Trends, kita bisa mengetahui keyword apa yang sedang trend, dan mempunyai volume search yang banyak. Dengan begitu, keyword tersebut dapat disinergikan dengan konten yang nanti akan digunakan untuk strategi marketing. Kedua adalah, mempelajari analytics data yang masuk. Dengan mempelajari analytics, kita bisa mengetahui profile pelanggan yang sesuai dengan target market kita. Dan yang terakhir adalah ketepatan waktu dalam mengirim pesan. Ketepatan waktu dalam dunia internet merupakan hal yang sangat penting, karena internet bersifat real time.

Kuliah tamu ini merupakan kuliah rutin yang diselenggarakan hampir setiap bulan. Karena kuliah tamu ini merupakan salah satu mata kuliah untuk mahasiswa, dimana mereka harus mengikuti sesi ini, agar dapat disinergikan dengan materi yang sedang mereka pelajari. Kuliah tamu ini juga diharapkan dapat meniningkatkan kualitas mahasiswa BINUS ONLINE LEARNING dimana para mahasiswanya adalah pekerja dan pelaku industri.

“Semoga dengan adanya sharing knowledge ini, mahasiswa dapat memperkaya ilmu mereka dan dapat diimplementasikan di tempat mereka bekerja, tutup Reza Tavakoli, Partnership Program Section Head, BINUS ONLINE LEARNING.  (PM)

20160229_171614 20160229_170432 20160229_171614

Whatsapp