BINUS Online

MENJAWAB KEBUTUHAN MASYARAKAT EKONOMI ASIA (MEA) MELALUI BINUS ONLINE LEARNING

Sebagai metode pembelajaran yang masih baru, sistem kuliah online masih terasa asing dan jarang ditemui. Keraguan yang ditujukan kepada sistem kuliah online dinilai sangat berdasar, sebab pengawasan yang minim dirasakan akan membuat mahasiswa menjadi tidak mempelajari apapun hal yang seharusnya dipelajari. Pembelajaran jarak jauh juga dianggap tidak efektif dalam memberikan pengetahuan yang utuh tentang pelajaran-pelajaran yang seharusnya dipelajari.

Demi menjawab semua keraguan tersebut, BINUS Online Learning (BOL) memberikan metode pembelajaran blanded/hybrid learning, yang terdiri dari kuliah tatap muka dan kuliah self learning.

Kuliah Tatap Muka berfungsi sebagai wadah penyamaan persepsi antara mahasiswa dan dosen. Didalamnya mahasiswa dan dosen akan mendiskusikan materi yang telah dibahas, kemudian mahasiswa juga mempresentasikan tugas yang telah ditentukan, setelah itu dosen juga akan memberikan suatu kasus untuk dibahas bersama dalam kelas. Kuliah tatap muka juga terbagi atas 2 jenis, yaitu Tatap Muka Onside dan Tatap Muka Video Conference. Dalam kegiatan tatap muka onside, mahasiswa dan dosen akan bertemu dalam ruangan kelas secara langsung di kampus BINUS UNIVERSITY. Sedangkan dalam kegiatan tatap muka video conference, mahasiswa dan dosen akan bertemu dalam video conference sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Disinilah mahasiswa dapat bertanya dan bertukar pikiran langsung dengan dosen.

Kuliah self learning ditujukan agar mahasiswa dapat belajar secara mandiri di tempat masing-masing. Kuliah self learning terdiri dari pengambilan materi mingguan, yang pada prakteknya dosen akan memberikan materi untuk dibaca dan didiskusikan, setelah itu juga terdapat pengumpulan tugas yang dilakukan secara mingguan yang bertujuan untuk menguji pemahaman mahasiswa terhadap materi. Untuk menunjang proses belajar mengajar, juga disediakan forum diskusi online yang terdiri dari ruang-ruang diskusi virtual. Ruang-ruang diskusi virtual itu terdiri dari class room, personal room, team room, dan meet the lecture room.

Di jaman yang semakin berkembang ini, tentu pendidikan menjadi salah satu tolak ukur penting bagi para kaum professional untuk mengembangkan karirnya. Perkembangan dunia seperti Masyarakat Ekonomi Asia (MEA) yang berkembang saat ini, mengajak para kaum professional untuk lebih aktif mengembangkan diri.

Melalui metode belajar yang sudah di jelaskan di atas, BOL dapat menjadi jawaban bagi kaum professional untuk mengembangkan karir dan pendidikan disaat yang bersamaan. (AS)

Whatsapp